Internasional

Sebanyak 550 Jamaah Haji Meninggal Saat Ibadah Haji, Video Viral Mayat-mayat Dibiarkan di Jalanan Arab Saudi

fin.co.id - 20/06/2024, 11:19 WIB

Video Viral Mayat-mayat Dibiarkan di Jalanan Arab Saudi

fin.co.id- Sebanyak 550 jamaah haji meninggal dunia saat melakukan ibadah haji di Mekah, Arab Saudi pada 16 dan 17 Juni 2024.

Para diplomat Arab Saudi mengatakan setidaknya 550 jamaah meninggal selama ibadah haji diduga karena kelelahan ditambah dengan adanya suhu panas yang terjadi tahun ini.

Sebanyak 550 jamaah yang meninggal itu terdapat 323 diantaranya merupakan warga Mesir. Otoritas Arab mengatakan, sebagian besar dari mereka menderita penyakit yang berhubungan dengan panas, kata dua diplomat Arab yang mengoordinasikan tanggapan negara mereka kepada AFP.

“Semua dari mereka (warga Mesir) meninggal karena kepanasan kecuali satu orang yang menderita luka fatal dalam kerumunan kecil," kata salah satu diplomat, seraya menambahkan bahwa jumlah total tersebut berasal dari kamar mayat rumah sakit di lingkungan Al-Muaisem di Mekkah.

Baca Juga

Sementara terdapat setidaknya 60 warga Yordania juga meninggal dunia. Pada hari Selasa dilporkan penambahan sebanyak 41 orang meninggal.

Kematian baru ini menjadikan total kematian dalam ibadah haji 2024 yang dilaporkan sejauh ini oleh beberapa negara menjadi 577, menurut penghitungan AFP.

Para diplomat mengatakan total jenazah di kamar mayat di Al-Muaisem, salah satu kamar mayat terbesar di Mekkah, adalah 550 orang.

Jamaah haji meninggal diduga disebabkan terjadinya suhu panas di masjid utama Mekkah mencapai +51°C pada minggu ini.

"Suhu mencapai 51,8 derajat Celcius (125 Fahrenheit) di Masjidil Haram di Mekkah pada hari Senin," kata pusat meteorologi nasional Saudi.

Baca Juga

Video Viral: 

Video beredar di media social menunjukkan mayat-mayat jamaah haji dibiarkan begitu aja di jalanan. Ada yang tergelatak di trotoar jalan, di tengah jalan, bahkan ada yang terkapar di atas korsi rodanya.

Para jamaah diduga kelelahan saat melakukan perjalanan dari Mekkah ke Arafah dengan Jarak 31 km untuk melakukan wukuf sebagai salah satu rukuh haji.

Seperti sebuah video yang diunggah oleh akun X @yo2tho, terlihat banyak jenazah dibiarkan bergeletakan di jalan-jalan Arab Saudi.

Dalam video tersebut tampak jenazah jemaah Haji yang trekapar hanya ditutupi kain putih dan dibiarkan di pinggir jalan.

Dalam postingannya tersebut, pemilik akun X @yo2thok beranggapan Arab Saudi kurang tanggap dalam penyelenggaraan Haji.

Afdal Namakule
Penulis
-->