News

Menko PMK Sebut Keterbatasan Lahan Jadi Penyebab Jemaah Haji Tak Dapat Tenda di Mina

fin.co.id - 20/06/2024, 14:57 WIB

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy

fin.co.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan alasan jemaah haji di Mina, Arab Saudi, tidak mendapatkan tenda. Dia mengatakan, hal tersebut dikarenakan adanya keterbatasan lahan di wilayah itu.

“Kalau itu (jemaah haji tidak mendapatkan tenda) terjadi, saya kira memang belum ada solusi. Karena memang tempatnya yang sangat terbatas, termasuk juga toilet. Saya mengusulkan itu supaya toiletnya dibuat beberapa lantai, tidak satu lantai, sehingga menghabiskan tempat. Karena untuk toilet saja bisa habis banyak tempatnya sehingga harus dinaikkan di Mina itu,” kata Muhadjir, Kamis 20 Juni 2024.

Untuk mengatasi hal tersebut, Muhadjir mengatakan, dirinya akan meninjau langsung ke Arab Saudi pada 3 Juli 2024, sekaligus mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji. Hal itu, kata dia, untuk mengevaluasi kekurangan dalam pelaksanaan ibadah haji.

“Nanti kira-kira tanggal 3 Juli saya akan ke sana (Arab Saudi) untuk mengecek dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada,” ujarnya.

Baca Juga

Selain itu, kata dia, pemerintah juga akan mengirimkan daging kurban untuk jemaah haji Indonesia. Daging kurban yang akan dikirim itu sudah dalam bentuk kemasan.

"Untuk memastikan bahwa tahun ini kita akan mulai mengirim kembali daging kurban para jemaah haji Indonesia untuk kembali ke Indonesia dalam bentuk makanan siap saji makanan daging kaleng yang sudah diolah," tuturnya.

(Ani)

Mihardi
Penulis
-->