Otomotif

Investor Wajib Tahu, ini Jadwal Pembagian Dividen BBRI dalam Setahun

fin.co.id - 20/06/2024, 07:02 WIB

Ilustrasi - Jadwal pembagian dividen BBRI dalam setahun

fin.co.id - Investor wajib tahu, berikut ini adalah jadl pembagian dividen BBRI (PT Bank Rakyat Indonesia Tbk) dalam setahun.

Sebagaimana diketahui, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk yang berkode sham BBRI itu merupakan salah satu emiten bank raksasa yang diketahui membagikan dividen sahamnya tidak hanya satu kali. Maka itu, kami akan membantu Anda untuk mengetahui kapan jadwal pembagian dividen BBRI dalam setahun.

Karena jadwal pembagian dividen BBRI dalam setahun tidak hanya satu kali, hal inilah yang membuat para investor tertarik. Saham BBRI sendiri termasuk saham Blue Chip di IHSG.

Lalu, berapa kali pembagian dividen BBRI dalam setahun?

Baca Juga

Pembagian Dividen BBRI dalam Setahun

Dilansir dari laman resmi perseroan, BBRI membagikan dividen kepada para investor sebanyak dua kali dalam satu tahun. Untuk tahun buku 2023, BBRI membagikan sebanyak dua kali yakni dividen interim dan dividen final.

Pembagian dividen interim BBRI diumumkan pada 19 Desember 2023 dengan cum date pada 29 Desember 2023 dan dibayarkan pada 18 Januari 2024. Dividen interim untuk tahun buku 2023 ini dibayarkan sebesar Rp12,6 triliun. Adapun dividen per share-nya adalah sebesar Rp84

Selanjutnya, dividen final BBRI diumumkan pada 1 Maret 2024 dengan cum date 13 Maret 2024 dan dibayarkan pada 28 Maret 2024 lalu. Besaran dividen final BBRI untuk tahun buku 2023 adalah sebesar 80,04 persen atau Rp35,4 triliun. Adapun dividen per share-nya adalah sebesar Rp235. Dengan demikian, total dividen yang dibagikan BBRI tahun ini adalah Rp319 per saham.

Dividen yang dibagikan BRI tersebut mengalami peningkatan hingga sebesar 10,5 persen dibandingkan nominal yang dibayarkan pada tahun buku sebelumnya. Keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta 1 Maret 2024.

Baca Juga

Sementara itu, untuk dividen bagian Negara Republik Indonesia atas kepemilikan sebesar 53,19% saham BBRI, perseroan akan menyetorkan kurang lebih Rp25,71 triliun kepada Rekening Kas Umum Negara.

BBRI sendiri termasuk salah satu emiten yang membagikan dividen lebih dari satu kali dalam setahun. Adapun pembagian dan pembayaran dividen interimnya dilakukan sebelum RUPS menetapkan perolehan laba tahunan dengan pembayaran yang dilakukan secara berkala.

Demikian informasi mengenai jadwal pembagian dividen BBRI dalam setahun. Semoga bermanfaat. (*)

Sigit Nugroho
Penulis
-->