Kesehatan

Tips Menikmati Daging Sapi Tanpa Takut Kolesterol Meningkat

fin.co.id - 19/06/2024, 18:50 WIB

Tips Menikmati Daging Sapi Tanpa Takut Kolesterol Meningkat

Tips Menikmati Daging Sapi Tanpa Takut Kolesterol Meningkat

FIN.CO.ID - Pilihlah sepotong daging sapi Bagi Anda penderita kolesterol, sebaiknya berhati-hati dalam memilih sepotong daging sapi agar dapat mengontrol kadar kolesterol Anda.

Hal ini dapat dilakukan dengan memilih potongan daging yang rendah lemak, seperti filet mignon, karena memiliki kandungan lemak minimal 3 gram per 100 gram daging.

Selain filet mignon, Anda juga bisa memilih tenderloin yang rendah lemak dengan kandungan 5 gram per 100 gram daging.

Potongan daging lainnya yang bisa Anda pilih adalah bagian bahu, yang teksturnya lebih kenyal namun mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan potongan lainnya.

Baca Juga

Sementara itu, untuk menghindari kolesterol pada daging sapi, hindari potongan daging berlemak seperti daging giling kecuali jika diberi label "extra lean" atau "low fat".

Bagian lain seperti iga dan dada sapi juga bisa dihindari karena banyak mengandung lemak.

- Batasi konsumsi daging sapi Tips mengontrol kolesterol lainnya juga bisa diterapkan dengan membatasi konsumsi daging sapi.

Batasannya, Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi hingga 1-2 porsi per minggu, dengan takaran saji setara dengan ukuran telapak tangan.

Lalu imbangi dengan makanan sehat, seperti perbanyak makan buah, sayur, dan biji-bijian untuk membantu menurunkan kolesterol.

Baca Juga

Sebaiknya Anda juga rutin berolahraga dengan aktif fisik minimal 30 menit sehari untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Yang terpenting, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, rutinlah berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat.

Mengetahui tips menikmati daging sapi tanpa takut kolesterol meningkat, kami berharap Anda dapat menikmati daging sapi dengan lebih aman dan tentunya sehat.(*)

Noerma Puspita
Penulis
-->