News

Muncul Situs Ela Elo Pengganti X/Twitter Jika Diblokir Pemerintah, Pakar Minta Netizen Waspada!

fin.co.id - 18/06/2024, 10:15 WIB

Situs Ela Elo disebut bakal gantikan X

fin.co.id-  Pemerhati Telematika, Multimedia, AI OCB Independen, Roy Suryo meminta masyarakat agar waspada dengan munculnya website Ela Elo yang yang diklaim sebagai platfrom pengganti media sosial X atau Twitter

Adapun website Ela Elo muncul usai ramai Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana memblokir X karena kebijakannya membolehkan pengguna membagikan konten porno. 

Website Ela Elo yang disebut-sebut bakal gantikan X ini, nampak berlogo Burung Garuda dengan domain elaelo.id. Hingga banyak asumsi beredar bahwa Ela Elo milik Pemerintah. 

Menurut Roy Suryo, nama domain tersebut dibuat pada 12 Desember 2023 dan terregistrasi atas nama PT Aksara Data Digital yang beralamat di Gedung Cyber ​​1 Lantai 3, Jl. Kuningan Barat Raya No.8 Jakarta Selatan.

Baca Juga

"Sekali lagi saya mempertanyakan kelas domain yang dipakai (langsung hanya.id bukan go.id) padahal jelas-jelas sekarang ada Lambang Garuda Pancasila di Frontpage Websitenya tersebut" ujar Roy Suryo lewat siaran pers yang diterima fin.co.id, Selasa 18 Juni 2024.

Dia menjelaskan, situs elaelo.id terpantau muncul di Internet pada awal maret kemarin, tepatnya 5 Maret 2024. Saat itu sudah memasang foto Guy Fawkes namun tulisan Welcome to elaelo - Medsos Lokal Pengganti X/Twitter & logo Burung Garuda belum muncul.

Baru pada tanggal 17 Juni 2024 4 kemarin tampilannya menjadi tampak resmi seperti sekarang ini. 

"Karena tidak diketahui jelas sapa pembuat dan penanggungjawabnya, maka sangat riskan bilamana Netizen memasukkan email pribadi yang berujung bisa dipakai untuk berbagai tindakan kejahatan cyber seperti phishing, hacking, hingga banyak lagi" katanya. 

Menurutnya, pemilihan nama Elaelo ini menarik, karena kata Ela elo dalam bahasa daerah Jawa bisa diartikan sebagai Gela-gelo atau Menoleh ke kanan dan ke kiri, sebagaimana dalam Lagu Sluku-sluku Bathok yang makna filosofisnya mulia.

Baca Juga

"Karena bathok-e Ela elo berarti mirip orang yang melafalkan dzikir. Meski tidak sedikit pula komen Netizen yg mengartikan sebagai "plonga-plongo"" katanya. 

Kini, situ Ela Elo sendiri hilang dari internet dengan pesan bertuliskan "This Account Has Been Suspended!" atau Akun ini telah Ditangguhkan!" saat diakses via browser Google dan Opera. (*) 

Afdal Namakule
Penulis
-->