Viral

Biar Jera! Warga Kembalikan Sampah Kepada Pelaku yang Buang Sampah Sembarangan

fin.co.id - 18/06/2024, 15:00 WIB

Warga gotong royong buang sampah sembarnagan di halaman warga

fin.co.id - Media sosial diramaikan dengan aksi warga yang berbondong-bondong mendatangi rumah warga sambil buang sampah di halaman warga.

Aksi tersebut lantaran pelaku membuang sampah sembarangan.

Video tersebut menjadi viral setelah diunggah pada Selasa, (18/6/2024).

Dalam video tersebut memperlihatkan sekelompok warga membawa karung putih yang berisikan sampah.

Baca Juga

Seketika warga langsung membuang sampah di hadapan pemilk rumah tersebut.

Terdengar suara warga yang menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan sakik agar pelaku jera untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Enya ieu sangsi sosial Bu (iya ini sanksi sosial Bu)," suara salah satu warga di dalam video yang di posting akun TikTok @zenkprayudan.

Dalam video tersebut terdapat narasi bahwa warga membuang sampah di lokas yang tidak semestinya.

Sebab di lokasi itu sudah ada benner yang bertuliskan dilarang buang sampah.

Baca Juga

"Lain ka Ibu hungkul sangsi sosial ieu mah, sudah diperingati di dinya na sangsi sosial mun teu tiasa maca berarti teu sakola (bukan ke Ibu saja sanksi sosial ini tuh, sudah diperingati di situnya sanksi sosial, kalau tidak bisa baca berarti tidak sekolah)," ungkap salah satu warga berbaju putih yang terlihat di dalam video viral.

Dampak Buang Sampah Sembarangan

Membuang sampah sembarangan merupakan kebiasaan buruk yang dapat membawa dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa dampak negatif dari kebiasaan ini:

Dampak Terhadap Lingkungan:

Pencemaran lingkungan: Sampah yang dibuang sembarangan, terutama sampah plastik, dapat mencemari tanah, air, dan udara. Sampah plastik yang tidak terurai dapat mencemari tanah dan air, serta menghasilkan mikroplastik yang berbahaya bagi biota laut dan manusia.

Banjir: Sampah yang menyumbat saluran air dapat menyebabkan banjir. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan infrastruktur, kerugian ekonomi, dan bahkan korban jiwa.

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->