MEGAPOLITAN

Sembelih Sendiri Sapi Kurbannya, Anies: Bayangkan Jadi Ibrahim, Proses Keikhlasan Luar Biasa

fin.co.id - 17/06/2024, 15:14 WIB

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Faj/Disway Group

fin.co.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti prosesi pemotongan hewan kurban miliknya di Masjid Babul Khoirot, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin 17 Juni 2024.  Anies mengatakan, membayangkan bagaimana perasaan Nabi Ibrahim AS ketika harus menyembelih anam semata wayangnya yakni Nabi Ismail AS.

"Saya membayangkan bagaimana menjadi Nabi Ibrahim ketika yang diletakkan adalah anak kandungnya yang sudah ditunggu begitu lama, proses itu adalah sebuah proses keikhlasan yang luar biasa," kata Anies kepada wartawan.

Anies mengungkapkan perasaannya setiap kali menggenggam golok dan menunggu waktu untuk melakukan pemotongan. Dia membayangkan bagaimana perasaan Nabi Ibrahin dan Putranya saat itu.

"Saya setiap kali pegang pisau pemotong sambil menunggu waktu untuk melakukan pemotongan,selalu yang terbayang, gimana rasanya jadi Nabi Ibrahim ketika pegang pisau dan tahu yang akan dipotong bukan hewan tapi anak kandung," paparnya.

Baca Juga

Buah keikhlasan Nabi Ibrahim, kata dia, Allah SWT mengganti Ismail dengan domba. Riwayat itulah yang kerap terbayang saat akan melakukan penyembelihan.

"Sebuah mukjizat kemudian anak kandung itu diganti dengan kambing domba. itu perasaan yang selalu ada setiap kali proses," sambungnya.

Anies tidak hanya hadir untuk melaksanakan ibadah kurban, tetapi juga memotong sendiri hewan kurban yang disiapkan. Hewan kurban berupa sapi jenis limosin seberat hampir satu ton disembelih langsung oleh Anies.

"Tadi barusan, saya memang disini biasa mengerjakannya sendiri. Jadi Alhamdulillah tadi sudah tuntas dan mudah-mudahan apa yang kita niatkan nanti bisa diterima, bisa menjadi manfaat bagi masyarakat banyak," kata Anies.

(Faj)

Baca Juga

Mihardi
Penulis
-->