News

PT Jasamarga Surabaya Mojokerto Optimalkan Layanan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Perlancar Akses Wisata Periode Libur Iduladha 1445 H

fin.co.id - 17/06/2024, 09:16 WIB

Gerbang Tol (GT) Warugunung yang dikelola PT Jasamarga Surabaya Mojokerto. (dok Jasamarga Surabaya Mojokerto)

fin.co.id - Guna memperlancar akses menuju destinasi wisata periode libur panjang Hari Raya Iduladha 1445 H, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) terus mengoptimalkan layanan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Volume lalu lintas kendaraan menuju daerah wisata di Jawa Timur khususnya Kota Surabaya dan Kab. Mojokerto terpantau meningkat pada periode libur panjang Hari Raya Iduladha 1445 H atau tanggal 15 Juni 2024. Peningkatan volume kendaraan terjadi di Gerbang Tol (GT) Warugunung.

Terlihat lonjakan volume kendaraan pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2024, kendaraan yang meninggalkan Surabaya menuju ke arah Barat melalui GT Warugunung sebanyak 24.000, meningkat sebanyak 33% dari kondisi normal sebanyak 18.000 kendaraan. Sementara untuk yang masuk ke arah Surabaya di GT Warugunung sebanyak 23.500 meningkat sebanyak 27% dari kondisi normal sebanyak 18.500 kendaraan.

Adapun destinasi wisata favorit tujuan masyarakat pada periode libur panjang Hari Raya Iduladha 1445 H ini di wilayah Kabupaten Mojokerto seperti Pacet dan Trawas.

Baca Juga

Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto D. Hari Pratama menjelaskan upaya layanan operasional untuk menjaga kelancaran perjalanan menuju destinasi wisata pada periode libur panjang Hari Raya Iduladha 1445 H.

“Untuk menjaga kelancaran serta kenyamanan perjalanan pengguna jalan, PT JSM telah menyiapkan berbagai upaya layanan operasional diantaranya dalam bidang layanan transaksi dengan menyiapkan mobile reader untuk menambah kapasitas di gerbang tol, memastikan keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di setiap gerbang tol. Untuk layanan lalu lintas dengan memastikan keberfungsian CCTV dan Dynamic Message Sign (DMS) untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi melalui aplikasi Travoy, serta menempatkan personil pada lokasi potensi kepadatan di sepanjang Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin 17 Juni 2024.

Hari meneruskan, “Selanjutnya dalam bidang layanan pemeliharaan kami menyiagakan Tim Patching untuk antisipasi apabila ada gangguan pada perkerasan, melakukan langkah preventif dengan normalisasi, pembersihan drainase dan pembangunan tanggul penahan banjir, serta menyiagakan personil dan sarana untuk antisipasi keadaan darurat apabila terjadi genangan air. Layanan pendukung lainnya yang tidak kalah penting adalah memastikan rest area dapat memberikan fasilitas terbaiknya termasuk kecukupan air bersih dan keberfungsian toilet di rest area, memastikan ketersediaan BBM, serta menyiapkan manajemen arus lalu lintas di rest area,” tutupnya.

PT Jasamarga Surabaya Mojokerto terus berupaya mewujudkan kelancaran pengguna jalan dalam melakukan perjalanan pada saat periode libur panjang Hari Raya Iduladha 1445 H dengan menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan dan terus berkomitmen untuk selalu menjaga kondisi jalan tol sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol.

PT Jasamarga Surabaya Mojokerto mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Jika lelah berkendara, istirahat di tempat yang telah disediakan. Tetap berhati-hati dan menaati peraturan yang berlaku di jalan tol.

Baca Juga

"Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.3 untuk pengguna iOS dan Android," pungkasnya. (*)

Sigit Nugroho
Penulis
-->