Nasional

Masjid Istiqlal Terima 50 Ekor Sapi, 22 di Antaranya dari Non Muslim

fin.co.id - 17/06/2024, 13:14 WIB

Gemblung bin Daud, nama sapi Qurban Gibran Rakabuming Raka di Masjid Istiqlal jakarta (FIN/Sigit Nugroho)

fin.co.id - Masjid Istiqlal menerima 50 ekor sapi dari sejumlah pejabat negara untuk disembelih pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. 22 hewan kurban itu merupakan hadiah dari kaum non muslim.

"Kawan-kawan non muslim juga memberikan hadiah menambah distribusi daging kurban kita, 22 ekor dari sahabat kita non muslim, ada dari Katedral sapinya besar. Kemudian juga Hotel Borobudur penyumbang 20 ekor sapi, ada juga rekan-rekan kita dari komunitas Tionghoa," terang Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Masjid Istiqlal, Senin 17 Juni 2024.

Selain sapi, kata dia, Masjid Istiqlal juga menerima 12 ekor kambing kurban. Sementara itu, untuk penyembelihan hewan kurban rencananya akan dilakukan pada Selasa 18 Juni 2024.

Nasaruddin menyebut, sumbangan dari warga non muslim tersebut merupakan wujud toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Baca Juga

"Inilah Indonesia, inilah Istiqlal, benar-benar kita menjalin sebuah toleransi, ada sebuah understanding yang amat dalam lintas agama di Istiqlal ini," tuturnya.

Nasaruddin mengatakan, pihak Istiqlal tidak mengadakan pembagian daging kurban dengan sistem antrean. Oleh karena itu, kata dia, bagi warga yang ingin mendapatkan hewan kurban bisa langsung mendatangi Masjid Istiqlal.

"Kita yang proaktif mengantarkan dengan tiga model, ada yang diantarkan dagingnya ke lembaga-lembaga tertentu misalnya di panti asuhan, dipotongkan bahkan ditimbang-timbang di sini. Kemudian juga ada yang diserahkan hewan kurban ke asrama-asrama thafidz Qur'an, kemudian asrama-asrama pesantren, dan tahun lalu ada juga yang kita berikan dalam bentuk uang," jelas Nasaruddin.

(Anisha Aprilia)

Baca Juga

Mihardi
Penulis
-->