Nasional

Iduladha 1445 Hijriah, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Umat Islam Tingkatkan Kepedulian Sosial

fin.co.id - 17/06/2024, 07:45 WIB

Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

fin.co.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan peringatan Iduladha itu mengajarkan umat meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan untuk kemanusiaan dengan saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial yang sedang terjadi di dunia.

Ia mengatakan umat Islam harus meneladani sifat nabi dan rasul seperti pengorbanan dan keikhlasan.

"Peringatan Iduladha sudah selayaknya tidak hanya dilihat sebagai ritual ibadah semata, melainkan juga menjadi momen refleksi ajaran-ajaran dan keteladanan para nabi dan rasul, seperti pengorbanan dan keikhlasan, serta ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaihimassalam kepada Allah SWT," kata Ma'ruf Amin, Senin, 17 Juni 2024.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk meningkatkan solidaritas ke seluruh umat manusia.

Baca Juga

"Hikmah Iduladha mengajarkan kita untuk meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan untuk kemanusiaan. Saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial kemanusiaan yang sedang terjadi di dunia,” ujar Ma'ruf.

Hari Raya Iduladha sendiri, lanjut Ma’ruf, pada hakikatnya bukan hanya merupakan sebuah ritual keagamaan dengan penyembelihan hewan kurban.

Namun, menurutnya, Iduladha memiliki dimensi sosial yang kuat dalam konteks kepedulian dan tolong menolong terhadap sesama.

"Jadikan momen ini untuk terus menyuarakan pesan kebajikan dan membantu sesama. Bukan saja atas dasar keagamaan atau kebangsaan, tetapi juga kemanusiaan,” tegas Ma'ruf.

"Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia dengan semangat Iduladha ini untuk meningkatkan jiwa pengorbanan dengan senantiasa bergotong royong dan saling membantu antar sesama serta terus mengedepankan kepentingan bersama dan saling menguatkan antar sesama dalam setiap keadaan," sambungnya. (Anisha Aprilia)

Baca Juga

Sigit Nugroho
Penulis
-->