Nasional

Penampakan Sapi Kurban Jokowi dan Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal

fin.co.id - 16/06/2024, 14:18 WIB

Penampakan sapi Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal Jakarta. Foto: Anisha Aprilia/Disway Group

fin.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’aruf Amin menyumbangkan dua sapi untuk kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat 14 Juni 2024. Kedua sapi itu memiliki bobot di atas 1 ton.

Sapi dari Presiden Jokowi berjenis Simental dengan bobot 1.192 kilogram. Sementara sapi dari Wapres Ma'ruf Amin berjenis Limosin yang beratnya mencapai 1.164 kilogram.

Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden RI, Sony Kartiko mengatakan, hasil laboratorium menyatakan jika sapi Jokowi telah memenuhi syarat kesehatan.

"Dalam pengadaan sapi kurban kami dibantu oleh Kementerian Pertanian Dinas Peternakan dan Kementerian Agama, alhamdulillah dengan serangkaian uji klinis dan laboratorium, hasilnya adalah sapi yang kami serahkan hari ini sudah memenuhi syarat kesehatan dan syariat Islam," kata Sony dalam sambutannya di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu 16 Juni 2024.

Baca Juga

Penampakan Sapi Kurban Jokowi dan Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal

Sementara itu, Plh Kepala Biro Perencanaan Keuangan Wakil Presiden RI, Purno Wiyanto mengatakan, hewan kurban dari Wapres RI sudah lulus pemeriksaan fisik dan mendalam. Sehingga, sambungnya hewan kurban dalam keadaan baik dan sehat untuk disembelih pada waktunya.

"Alhamdulillah sesuai dengan kaidah pengadaan hewan kurban, kami sudah mendapat rekomendasi untuk surat keterangan sehat dari Dinas Peternakan setempat juga pemeriksaan fisik dan mendalam sehingga insyaAllah hewan kurban dalam keadaan baik dan sehat untuk disembelih pada waktunya," terang Purno.

Baca Juga

Sapi milik Jokowi dan Ma'ruf Amin diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Mihardi
Penulis
-->