MEGAPOLITAN

Masjid Besar di Ibu Kota Kabupaten Tangerang Ini Tak Pernah Disumbang Hewan Kurban Oleh Pemkab, Tiap Tahun Warga Urunan Beli Sapi

fin.co.id - 16/06/2024, 12:04 WIB

Sapi Kurban Hasil Swadaya Warga yang Akan Disembelih di Masjid Besar Ismatul Khasanah - Rikhi Ferdian

fin.co.id -  Masjid Besar Ismatul Khasanah yang berada di wilayah Kecamatan Tigaraksa tak pernah mendapatkan sumbangan hewan kurban dari Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Meski di setiap Hari Raya Idul Adha Pemkab Tangerang selalu menyalurkan hewan kurban yang disebar ke banyak wilayah. Namun, masjid besar yang berada di Tigaraksa sebagai ibu kota daerah itu tak pernah kebagian.

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Besar Ismatul Khasanah Tigaraksa mengaku setiap tahunnya hewan kurban yang disembelih merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar.

"Kalo dari pemda nggak pernah dapat (hewan kurban) sudah bertahun-tahun nggak pernah dapat. Padahal masjid ini punya instansi (kecamatan) tapi tiap iduladha warga harus patungan untuk membeli hewan kurban," ujar Suhendra Buyung selaku pengurus DKM Masjid Besar Ismatul Khasanah, Minggu 16 Juni 2024.

Baca Juga

Meski begitu, lanjut Suhendra, setiap tahunnya pemotongan hewan kurban di masjid besar tersebut selalu rutin dilaksanakan. Begitu pun pada Iduladha kali ini pengurus DKM sudah membeli satu ekor sapi kurban seharga Rp22 juta.

Sementara untuk kambing biasanya didapat pengurus masjid dari warga sekitar yang ikut berkurban.

"Untuk kambing baru ada 2 ekor yang kita terima dari warga dan 1 ekor sapi hasil swadaya. Mudah-mudahan masih bisa bertambah lagi karena warga yang mendapatkan hak daging kurban disini juga cukup banyak," ujarnya.

Ia menambahkan, setiap tahunnya pengurus masjid besar tersebut selalu menyiapkan sedikitnya 500 kupon daging kurban untuk dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya.

Namun, tahun ini hewan kurban yang didapatkan pengurus masjid baru 3 ekor saja. Mereka pun membuka pintu kepada semua pihak seandainya ada yang ingin berkurban di Masjid Besar Ismatul Khasanah Tigaraksa.

Baca Juga

"Mudah-mudahan sampai sore ini masih bisa bertambah lagi (hewan kurban). Tahun lalu kambing ada 13 ekor itu dari warga semua yang ikut berkurban," tandasnya.

Rikhi Ferdian
Penulis