Nasional

Jemaah Diminta Datang Subuh jika Ingin Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

fin.co.id - 16/06/2024, 11:06 WIB

Sejumlah jemaah tampak berada di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

fin.co.idMasjid Istiqlal akan menyelenggarakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 Dzulhijjah 1445 H atau bertepatan pada Senin 17 Juni 2024. Wakil Penyelenggara Peribadatan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) KH Abu Hurairah Abd. Salam, mengimbau masyarakat untuk hadir lebih awal.

"Warga bangsa yang ingin mendapatkan shaf di Lantai Utama Masjid Istiqlal, silakan datang sejak pelaksanaan Salat Subuh berjamaah di Masjid Istiqlal," kata Abu, Minggu 16 Juni 2024.

Meski demikian, kata dia, Masjid Istiqlal tidak akan buka selama 24 jam saat malam takbir Idul Adha 1445 Hijriah.

"Istiqlal tidak dibuka 24 jam karena akan ada sterilisasi tempat di malam hari. Bagi jemaah yang mau menunaikan salat Idul Adha 1445 H di Masjid Istiqlal, silakan berangkat lebih pagi atau menginap di tempat penginapan sekitar Istiqlal," terang KH Abu.

Baca Juga

Selain itu, dia juga mengimbau agar jemaah membawa alat salat pribadi dan senantiasa menjaga kebersihan masjid. Jangan meninggalkan sampah di sekitar masjid.

"Kami imbau kepada masyarakat untuk tidak meninggalkan sampah, mari terus menjaga masjid agar senantiasa bersih. Kami persilakan membawa alas shalat, namun kemudian mohon agar alas shalat tersebut dibawa kembali pulang. Begitu pula botol air mineral," tuturnya.

(Anisha Aprilia)

Mihardi
Penulis