News

Idul Adha Mengajarkan Umat Tingkatkan Kepedulian Sosial dan Pengorbanan

fin.co.id - 16/06/2024, 22:15 WIB

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin.

fin.co.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, peringatan Idul Adha mengajarkan umat meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan untuk kemanusiaan dengan saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial yang sedang terjadi di dunia.

Wapres mengatakan Idul Adha erat kaitannya dengan ibadah kurban, yaitu melakukan penyembelihan hewan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Daging hewan kurban dibagikan kepada handai teladan, terutama fakir miskin, sebagai bentuk ibadah sosial. Oleh karena itu, saya mengajak kepada umat Islam untuk melakukan ibadah kurban sebagai bentuk solidaritas kepada sesama," ucapnya melalui tayangan video ucapan Idul Adha 1445 Hijriah dipantau dari kanal YouTube Wapres RI di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, peringatan Idul Adha sudah selayaknya tidak hanya dilihat sebagai ritual ibadah, melainkan juga menjadi momentum refleksi ajaran-ajaran dan keteladanan para nabi dan rasul, seperti pengorbanan dan keikhlasan serta ketaatan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS kepada Allah SWT.

Baca Juga

"Jadikan momen ini untuk terus menyuarakan pesan kebajikan dan membantu sesama bukan saja atas dasar keagamaan atau kebangsaan tetapi juga kemanusiaan. Dengan demikian, umat manusia dapat hidup berdampingan dengan damai dan sejahtera," ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia meningkatkan jiwa pengorbanan dalam semangat Idul Adha.

"Dengan senantiasa bergotong royong dan saling membantu antarsesama serta terus mengedepankan kepentingan bersama dan saling menguatkan antarsesama dalam tiap keadaan," kata Wapres.

Tantangan bangsa akan semakin kompleks sehingga ia mengajak seluruh umat Islam terus memohon petunjuk Allah SWT dengan melaksanakan perintah-Nya, mensyukuri nikmat-Nya, dan meningkatkan solidaritas sosial demi terwujud harmoni kehidupan yang lebih baik dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Akhirnya, selamat Hari Idul Adha 1445 Hijriah pada seluruh umat Islam semoga hari raya ini meningkatkan keimanan, ketaqwaan, kasih sayang, dan kepekaan terhadap sesama untuk membangun Indonesia yang maju produktif dan sejahtera," ucap Wapres.

Baca Juga

Khanif Lutfi
Penulis
-->