News

Gemblung bin Daud, Nama Sapi Qurban Gibran Rakabuming Raka di Masjid Istiqlal Jakarta

fin.co.id - 16/06/2024, 18:45 WIB

Gemblung bin Daud, nama sapi Qurban Gibran Rakabuming Raka di Masjid Istiqlal jakarta (FIN/Sigit Nugroho)

fin.co.id - Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka menitipkan satu ekor sapi Qurban jenis Metal, seberat lebih dari 1 ton, di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Penyerahan hewan Qurban tersebut dilakukan oleh Staf Khusus Gibran Rakabuming Raka, Khairi Fuady, yang diterima langsung Ketua Panitia Qurban Masjid Istiqlal, KH Abu Hurairah, Minggu 16 Juni 2024.

Yang unik, sapi berwarna cokelat tersebut ternyata memiliki nama, yaitu Gemblung bin Daud.

"Kami pada hari ini alhamdulillah sudah mengantarkan satu ekor sapi dari Mas Gibran Rakabuming Raka, Walikota Surakarta, Wakil Presiden terpilih, dari beliau dengan berat kurang lebih 1 ton, mudah-mudahan menjadi berkah dan membawa kebahagiaan bagi masyarakat. Namanya (sapi) Gemblung bin Daud, " kata Khairi, saat menyerahkan hewan qurban kepada panitia Masjid Istiqlal.

Baca Juga

Gemblung bin Daud, Nama Sapi Qurban Gibran Rakabuming Raka di Masjid Istiqlal Jakarta

Staf Khusus Gibran, Khairi Fuady (kiri) saat menyerahkan hewan Qurban kepada Ketua Panitia Qurban Masjid Istiqlal Abu Hurairah (kanan), Minggu 16 Juni 2024 (FIN/Sigit Nugroho)

Dalam kesempatan tersebut, Abu Hurairah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gibran, karena telah mempercayakan hewan Qurbannya disembelih oleh panitia Masjid Istiqlal.

Menurut Abu Hurairah, hewan Qurban yang dititipkan di Masjid Istiqlal, akan disembelih pada hari Selasa 18 Juni 2024. Hal itu dilakukan untuk menghindari kepadatan masyarakat yang menonton pemotongan hewan Qurban setelah salah Iduladha.

Baca Juga

"Kalau kami memotong pada hari itu, ditakutkan akan banyak yang menonton dan mengganggu. Maka itu diputuskan hari Selasa, mulai pukul 07.00 WIB pagi," kata Abu Hurairah.

Ia menambahkan, sapi titipan Gibran Rakabuming Raka akan diprioritaskan untuk dibagikan kepada warga sekitar Masjid Istiqlal.

"InsyaAllah menjelang sore sudah bisa kami distribusikan daging Qurban, daripada bapak Gibran ini kepada yang membutuhkan," pungkasnya.

Sekedar informasi saja, selain sapi titipan Gibran, ada pula sapi berwarna hitam titipan Presiden Indonesia Terpilih Prabowo Subianto. Sapi milik Prabowo tersebut berjenis Brangus, dengan bobot 1,2 ton. (*)

Sigit Nugroho
Penulis
-->