News

Daftar Mahasiswa Lolos SNBT 2024 Universitas Diponegoro Semarang

fin.co.id - 16/06/2024, 18:39 WIB

Tes UTBK-SNBT Dibuka Jam 15.00 WIB, Ini Link, Cara Daftar & Ketentuan Memilih Prodi

fin.co.id - Sebanyak 4.429 pendaftar dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 yang digelar Universitas Diponegoro Semarang.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof. Heru Susanto, di Semarang, Minggu, menyebutkan Undip menempati peringkat keempat untuk pendaftar terbanyak pada jalur UNBT 2024.

Jumlah pendaftar Undip melalui jalur SNBT pada tahun ini mencapai sebanyak 85.734 orang.

Ia menyebutkan, setidaknya ada 145 perguruan tinggi, terdiri atas 75 perguruan tinggi negeri (PTN), 26 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN), dan 44 politeknik negeri sebagai PTN vokasi yang mengikuti SNBT 2024.

Baca Juga

SNBT diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (Panitia SNPMB).

Sejumlah perguruan tinggi peserta SNBT Tahun 2024 tersebut menyediakan total daya tampung sejumlah 272.248 kursi, dengan jumlah pendaftar sebanyak 785.058 orang.

Tidak hanya peringkat keempat pendaftar terbanyak pada SNBT, Undip juga meraih peringkat pertama kategori PTN akademik dengan pendaftar terbanyak pada SNBT

Kemudian, peringkat enam kategori PTN akademik dengan rerata UTBK tertinggi, peringkat ke-7 kategori prodi vokasi dengan rerata UTBK tertinggi, dan peringkat ke-10 kategori prodi vokasi dengan pendaftar terbanyak SNBT.

Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip juga menempati peringkat ketiga kategori prodi akademik terketat, sedangkan Prodi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) menempati peringkat ke-9 kategori Prodi (Akademik) Terketat

Baca Juga

"Data di atas menunjukkan bahwa sampai saat ini UNDIP merupakan salah satu kampus favorit yang menjadi pilihan para lulusan SMA dan sederajat," katanya.

Di sisi yang lain, kata dia, upaya untuk terus meningkatkan kualitas Undip perlu terus dilakukan sehingga kinerja yang telah dicapai saat ini, baik dalam skala nasional maupun internasional, dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Pengumuman SNBT bisa dilihat melalui laman "https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id", dengan cara memasukkan nomor pendaftaran UTBK-SNBT 2024 dan tanggal lahir peserta sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem SNPMB.

Khanif Lutfi
Penulis
-->