Nasional

Jelang Wukuf di Arafah, 51 Jemaah Calon Haji Masih Jalani Perawatan

fin.co.id - 2024-06-15 18:23:52 WIB

Sebanyak 51 jemaah calon haji masih masih menjalani perawatan jelang puncak haji di Arafah. Foto: Antara/MCH 2024

fin.co.id - Sebanyak 51 jemaah calon haji Indonesia masih menjalani perawatan akibat gangguan kesehatan saat tiba di Arafah. Kebanyakan jemaah mengalami kelelahan menjelang pelaksanaan masa puncak haji di Arafah Muzdalifah Mina (Armuzna).

Kepala Satgas Arafah Klinik Kesehatan Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi Ali Machzumi mengatakan, puluhan jemaah haji itu ditempatkan di tenda misi haji khusus di Arafah. Dia juga meninjau KKHI di tenda misi haji guna memastikan kondisi terakhir para calon haji yang tengah dirawat.

"Ini terkait persiapan wukuf maupun safari wukuf bagi para jamaah yang masih dirawat di KKHI,” kata Ali dalam keterangannya yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta, Sabtu 15 Juni 2024.

Ali menuturkan, jika kondisi jemaah yang sakit masih memungkinkan, dia bisa ikut wukuf di tenda. Namun, kata dia, jika tidak memungkinkan, maka akan disafariwukufkan.

Baca Juga

Penanggung jawab Pos KKHI Arafah dr M Firdaus mengatakan, hingga Sabtu 15 Juni 2024 dini hari, total ada 51 pasien, dengan lima pasien yang harus menjalani perawatan intensif.

“Tapi Alhamdulillah sudah banyak yang boleh dipulangkan. Saat ini tinggal lima pasien yang harus menjalani perawatan intensif. Jika stabil akan dikembalikan ke kloter masing-masing untuk menjalani wukuf,” kata Firdaus.

Mereka mengalami sejumlah gangguan kesehatan dengan mayoritas gangguan jantung dan kelelahan. Ada pula yang mengalami heat stroke akibat cuaca panas di Arab Saudi.

Di luar itu, kata dia, saat ini tercatat ada 182 calon haji Indonesia yang masih dirawat di beberapa rumah sakit di Makkah dan dijadwalkan akan diikutkan safari wukuf. Nantinya mereka akan berwukuf di atas ambulans yang disiapkan KKHI dan RS di Arab Saudi.

Baca Juga

Mihardi
Penulis