MEGAPOLITAN

37 Dokter Dikerahkan Pantau Kesehatan Hewan Kurban di Kepulaun Seribu

fin.co.id - 2024-06-15 17:16:27 WIB

fin.co.id - Sebanyak 37 dokter serta tenaga kesehatan hewan dikerahkan untuk memantau kesehatan hewan kurban di Kepulauan Seribu menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Hal itu dikatakan Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu Nurlianti.

“Petugas yang kita libatkan berasal dari Sudin KPKP setempat, Dinas KPKP DKI Jakarta, dan juga dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI),” katanya di Jakarta, Sabtu 15 Juni 2024.

Dia mengatakan, petugas kesehatan mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban dari pelabuhan di Jakarta dan Tangerang yang bakal menuju Kepulauan Seribu. Tidak hanya itu, kata dia, enam kelurahan yang ada di wilayah Kepulauan Seribu juga masuk targetnya.

“Akan ada dua tahapan pemeriksaan yang akan dilakukan oleh para petugas, yaitu pemeriksaan antemortem dan postmortem terhadap semua hewan kurban," katanya.

Baca Juga

Nurlianti menuturkan, pemeriksaan antemortem ialah pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih, yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang. Sedangkan pemeriksaan post mortem ialah pemeriksaan kesehatan jeroan dan karkas setelah disembelih yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang.

Pemeriksaan, lanjutnya, bakal dilakukan segera setelah penyembelihan dan pemeriksaan dilakukan terhadap kepala, karkas, atau jeroan.

“Kami telah menyebar petugas kesehatan di berbagai pelabuhan untuk pengecekan kondisi hewan kurban. Kami juga memeriksa hewan kurban yang didistribusikan ke Kabupaten Kepulauan Seribu dengan melakukan pengecekan kaki struktur giginya, serta memastikan usia hewan kurban sesuai dengan syariat yang telah ditentukan," bebernya.

Dia memastikan, semua hewan kurban yang dikirim dalam keadaan sehat. Tidak hanya itu, hewan itu juga tidak ada kelainan penyakit.

"Saat pemotongan hewan, kami bersama tim kesehatan juga akan melakukan pendampingan penyembelihan hewan kurban di sana, sehingga terhindar dari penyakit cacing hati dan lainnya, " kata dia.

Baca Juga

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menyalurkan 21 ekor sapi dan 11 ekor kambing yang didistribusikan kepada 11 pulau berpenduduk di daerah setempat untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Seluruh sapi ini dikirim ke pulau-pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta,” Kata dia di Jakarta, Jumat 14 Juni 2024.

Dia menyatakan, tiga ekor sapi dikirim ke Pulau Pramuka, satu ekor sapi untuk Pulau Untung Jawa, dua ekor sapi dikirim masing-masing untuk Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Lancang, Pulau Payung, dan Pulau Sebira.

"Empat ekor kambing untuk Pulau Untung Jawa, dua ekor kambing untuk Pulau Tidung, tiga ekor kambing untuk Pulau Kelapa, serta di Pulau Pari dan Pulau Kelapa masing-masing satu ekor kambing,” katanya.

Dia menjelaskan, puluhan hewan kurban tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak, antara lain BAZNAS BAZIS DKI Jakarta, Bank DKI, Corporate Social Responsibility (CSR) PHE OSES, lembaga organisasi kemasyarakatan, pemerintah dan pihak swasta lainnya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mau peduli dan menyumbangkan hewan kurban di Kepulauan Seribu. Hewan kurban ini kita distribusi secara merata agar semua warga pulau bisa merasakan daging kurban," katanya.

Mihardi
Penulis