Otomotif

GIIAS 2024 Cetak Rekor: 55 Merk Kendaraan Jadi Peserta, Terbanyak Sepanjang Sejarah Pameran Gaikindo

fin.co.id - 2024-06-14 19:01:13 WIB

GIIAS 2024 akan diselenggarakan pada 18-26 Juli 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten . (dok Gaikindo)

fin.co.id –   Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan menjadi ajang pameran kendaraan Gaikindo dengan luasan terbesar dan peserta terbanyak sepanjang sejarah pameran otomotif yang diselenggarakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Indonesia. 

Ajang pameran milik Gaikindo tahun ini merupakan gelaran yang ke-31 kalinya, akan diselenggarakan pada 18-26 Juli 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kab. Tangerang. 

GIIAS 2024 menjadi capaian penting dalam catatan sejarah industri kendaraan bermotor Indonesia, dimana tahun ini GIIAS kembali mencatat pertumbuhan, dengan penambahan luasan mencapai 120 ribu meter persegi, GIIAS 2024 juga mencatatkan partisipasi merek kendaraan bermotor terbanyak sepanjang penyelenggaraannya.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengungkapkan bahwa pameran GIIAS masih memiliki ruang untuk terus berkembang. Menurutnya, pasar otomotif Indonesia yang sangat potensial masih terus berkembang menjadi inkubator bisnis bagi berbagai merek global kendaraan bermotor.  

Baca Juga

Hal ini menjadi alasan masuk dan berkembangnya industri kendaraan bermotor dari Eropa, Jepang, Korea dan yang terbaru adalah masuknya merek-merek kendaraan bermotor Cina di Indonesia. 

“Industri kendaraan bermotor Indonesia terus tumbuh dengan perkembangan merata yang ditunjukkan berbagai merek kendaraan bermotor global di Indonesia, yang tidak hanya memanfaatkan pasar, namun juga berinvestasi dan membangun basis produksinya di Indonesia. Kondisi tersebut juga membawa pengaruh positif bagi penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia, dimana GIIAS terus berkembang di setiap penyelenggaraannya sementara tren berbeda ditunjukkan penyelenggaraan pameran otomotif dunia,” ungkap Nangoi, Jumat 14 Juni 2024. 

Pameran otomotif di kawasan Eropa dan Amerika menunjukkan pergeseran tren pasca pandemi Covid-19 lalu, bahkan pameran-pameran yang telah berlangsung selama ratusan tahun mengalami penurunan secara general, baik secara skala kepesertaan, luasan, dan juga jumlah pengunjung. 

“Menjadi sebuah kebanggaan bagi GAIKINDO bahwa GIIAS masih terus berkembang, dan bahkan menjadi salah satu pameran otomotif terbesar dunia, diluar penyelenggaraan pameran otomotif di Cina,” tutur Nangoi.

GIIAS 2024 Tambah Catatan Capaian Pameran Gaikindo

Berbeda dengan rangkaian pameran otomotif di dunia lainnya, tahun ini akan menjadi perpaduan yang luar biasa karena GIIAS 2024 jadi pameran otomotif dengan luasan terbesar dan jumlah merek peserta kendaraan bermotor terbanyak sepanjang catatan penyelenggaraan pameran Gaikindo.

Baca Juga

“GIIAS kembali memecahkan rekor, saat ini total 55 merek kendaraan bermotor telah bergabung pada penyelenggaraan di tahun ini, jumlah kepesertaan terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan pameran GAIKINDO sejak pertama diselenggarakan pada tahun 1986 lalu,” jelas Rizwan Alamsjah selaku Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

GIIAS 2024 akan menghadirkan total 55 merek kendaraan bermotor dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, Cina dan negara negara Eropa, termasuk 31 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling. 4 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, UD Trucks. Serta 20 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis, Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Vmove, Volta dan ZPT.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga turut memeriahkan pagelaran GIIAS 2024, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 120 merek peserta dari industri pendukung juga tak mau kalah untuk memamerkan inovasi dan teknologi terbaru produk mereka dalam penyelenggaraan GIIAS 2024. 

“Dengan penambahan luasan area pameran dan antusiasme sangat luar biasa dari seluruh peserta, kami pastikan GIIAS 2024 akan hadir berbeda dari sebelumnya, info yang kami terima, berbagai peluncuran model kendaraan terbaru termasuk peluncuran kendaraan konsep akan berlangsung pada GIIAS 2024, oleh karena itu kami dengan bangga mengundang para pecinta otomotif untuk datang,” ujar Rizwan.

Untuk memanjakan para pecinta otomotif, GIIAS 2024 menyiapkan satu hari khusus dimana masyarakat akan mendapatkan penawaran terbaik untuk membeli tiket. Pada program Biggest Offer Ever yang akan berlangsung di tanggal 19 Juni 2024, mulai pukul 10.00 WIB pengunjung dapat membeli tiket GIIAS Weekdays bahkan Weekends dengan hanya seharga 20 ribu rupiah melalui aplikasi Auto360.

Khusus untuk para pengunjung setia GIIAS 2024, berbagai program danpenawaran juga akan dihadirkan  para sponsor. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah program  Astra Financial kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2024 bersama FIFGROUP, Astra Credit Companies, Toyota Astra Finance Services, Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, Maucash, Moxa, SEVA dan BANK SAQU by Bank Jasa Jakarta.

Sigit Nugroho
Penulis