MEGAPOLITAN

18 Ribu Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Dinyatakan Sehat dan Layak Konsumsi

fin.co.id - 13/06/2024, 20:16 WIB

Sapi Kurban yang Dijual di Lapak Kawasan Jalan Raya Adiyasa Tigaraksa, Kabupaten Tangerang

fin.co.id -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memastikan semua hewan kurban yang ada di daerah itu telah dinyatakan sehat setelah melalui proses vaksinasi dan verifikasi.

Hal tersebut diungkapkan Pj Andi Ony saat memimpin rapat koordinasi jelang Idul Adha 1445 Hijriah bersama Forkopimda Kabupaten Tangerang, Kamis 13 Juni 2024.

Ia menyebut saat ini, sekitar 18 ribu hewan kurban yang ada di Kabupaten Tangerang telah terdata dan dinyatakan bebas dari penyakit yang dikhawatirkan, seperti PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dan LSD (Lumpy Skin Disease).

"Meskipun demikian, kewaspadaan tetap harus diutamakan, terutama di daerah-daerah pinggiran," ucapnya.

Baca Juga

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pj Bupati Tangerang juga menjamin ketersediaan dan kesehatan hewan kurban. Kata Andi, selain pemeriksaan dan vaksinasi, pemantauan juga dilakukan di titik-titik tempat penjualan hewan kurban.

Ia juga meminta aparat kepolisian ikut membantu pengawasan agar tidak ada hewan kurban yang tidak memenuhi ketentuan di Tangerang, terutama di daerah pinggiran yang kerap kurang terpantau.

"Kepada para camat, saya harap koordinasikan dengan aparat terkait untuk memastikan ketersediaan dan kesehatan hewan kurban di daerah masing-masing," kata dia.

Rikhi Ferdian
Penulis
-->