Nasional

Kembali Berulah, KKB Bakar Mobil dan Tembak Mati Sopir di Papua

fin.co.id - 12/06/2024, 15:05 WIB

KKB menembak mati sopir di Kabupaten Paniai, Papua. Foto: Istimewa

FIN.CO.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya, Papua, Pimpinan Undius Kogoya kembali berulah. Kali ini, mereka membakar satu mobil dan menembak mati sopir di Kabupaten Paniai, Selasa 11 juni 2024, pukul 13.30 WIT.

"Benar telah terjadi penembakan terhadap 1 masyarakat sipil (sopir angkot) dan pembakaran 1 unit mobil di Kampung Timida, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah," kata Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani dalam keterangannya Rabu 12 Juni 2024.

Sementara itu, Kasatgas Humas OPS Damai Cartenz-2024 AKBP Bayu Suseno mengatakan, korban bernama Rusli (40), beralamat di kompleks terminal, Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

Dia juga menjelaskan kronologi singkat kejadian tersebut. Dia mengatakan, berdasarkan keterangan masyarakat sekitar, pukul 13.30 WIT, masyarakat yang datang dari arah Kampung Enarotali hendak ke Kampung Kopo, Distrik Paniai Timur, melihat satu unit mobil berada di pinggir jalan dalam keadaan terbakar dan sopirnya dalam keadaan tersungkur di dalam mobil serta terdengar bunyi suara tembakan.

Baca Juga

“Setelah itu, terlihat sekelompok anggota KKB yang berjumlah 10 orang dengan membawa senjata api laras panjang keluar dari alang-alang pinggiran jalan sehingga membuat masyarakat yang melihat kejadian tersebut takut dan langsung kembali ke arah kampung mandi," tuturnya.

Bayu Suseno, korban diketahui telah meninggal dunia dan jenazah korban berada di dalam mobilnya yang dibakar oleh KKB.

"Jenazah korban telah berhasil dievakuasi oleh Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan Brimob Batalyon C Polda Papua ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Paniai," imbuhnya.

Bayu menambakan, Satgas Ops Damai Caretnz dan Brimob Batalyon C Polda Papua telah merespon kejadian tersebut dengan mendatangi TKP dan melakukan pengejaran terhadap Kelompok KKB tersebut.

"Kami menegaskan bahwa Satgas Ops Damai Cartenz-2024 akan terus melakukan langkah-langkah penindakan, dan penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB, pelaku penembakan, dan pembakaran ini," katanya.

Baca Juga

(Aniesha Aprili)

Mihardi
Penulis
-->