MEGAPOLITAN

Disdik DKI Sanksi 4 Remaja yang Ejek Anak Palestina saat Makan di McDonald's

fin.co.id - 12/06/2024, 13:29 WIB

Disdik DKI gelar konferensi pers terkait viral video bocah SMP mengejek Palestina di Kantor Disdik DKI pada Rabu, 12 Juni 2024. Foto: Dok Candra Pratama

FIN.CO.ID - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta telah melakukan koordinasi dan rapat bersama pihak terkait untuk mengambil sikap atas viralnya video bocah SMP yang mengejek anak-anak Palestina. Dalam video yang viral itu, empat orang remaja mengolok-olok sambil menyantap makanan di McDonald's.

"Kami mengatas nama orang tua siswa ya terkait video yang viral kemarin dan juga atas nama siswa-siswi mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian video yang viral dan menyinggung masyarakat Indonesia," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Budi Awaludin, Rabu 12 Juni 2024.

Budi mengatakan, atas tindakan itu pihak Disdik DKI telah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi polemik yang terjadi.

"Pertama, para siswa itu wajib lapor ke pihak sekolah selama satu minggu. Dan selama satu minggu akan kita lakukan pembinaan kepada siswa-siswa tersebut," katanya.

Baca Juga

Selain itu, kata Budi, Disdik sudah menyiapkan konselor dari Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jakarta (DPAPP) serta dari Kanwil Kemenkumham.

"Dari Kepolisian dan juga dari Kesbangpol untuk melakukan pembinaan kepada adik-adik kita selama satu minggu di sekolah," katanya.

Tak berhenti di situ, Budi menambahkan, Disdik juga akan melakukan pembinaan kebangsaan kepada seluruh sekolah yang terlibat. Serta kepada orang tua dan seluruh siswa.

"Kegiatan pembinaan yang nanti akan diisi oleh kepolisian, yang kedua dari Kesbangpol, Kanwil Kemenkumham, dan juga Kementerian Agama. Yang akan menyampaikan nilai-nilai pengembangan karakter dan juga kebangsaan kepada para siswa guru, serta orang tua," imbuhnya.

Budi berharap, agar adanya pembinaan kebangsaan itu melekat kepada diri kita sendiri. "Sehingga toleransi, kerukunan, persatuan dan kesatuan terjalin di lingkungan sekolah," pungkasnya.

Baca Juga

(Candra Pratama)

Mihardi
Penulis
-->