MEGAPOLITAN

Program Pemberian Makanan Bergizi Gratis Mulai Diterapkan di Kota Tangerang Agustus 2024

fin.co.id - 2024-06-11 18:24:45 WIB

Sejumlah siswa tampak menunjukkan menu makan siang gratis.

FIN.CO.ID -  Program pemberian makanan bergizi gratis untuk siswa jenjang SD dan SMP di Kota Tangerang bakal diterapkan mulai Agustus 2024 mendatang.

Saat ini Dinas Pendidikan Kota Tangerang sedang menyiapkan skema program pemberian makanan bergizi gratis bagi pelajar tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, program pemberian makanan bergizi gratis itu bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa secara optimal.

Selain itu, program ini juga bisa membantu mengurangi angka absensi siswa karena sakit serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Baca Juga

"Ini adalah langkah yang positif untuk memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan siswa, serta memperkuat kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat di kalangan generasi muda," ucapnya, Selasa 11 Juni 2024.

Ia menyebut skema pemberian makanan bergizi gratis tersebut mulai diterapkan pada Agustus 2024 mendatang. Nantinya, program ini akan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Tangerang 2024.

"Nanti itu di anggaran perubahan terkait makan sehat gratis sesuai arahan pemerintah pusat," ujarnya.

Untuk varian menu makanannya, ia mengungkapkan, saat ini dinas pendidikan bersama dinas sesehatan sedang melakukan kajian untuk menentukan kandungan gizi maupun proteinnya.

Sebab makanan bergizi bagi siswa di Kota Tangerang tersebut nantinya akan menjadi proyek percontohan program nasional.

Baca Juga

"Dimana, pemberian makan bergizi gratis bagi siswa ini akan mengurangi para pelajar untuk mengkonsumsi junk food ataupun fast food," tandasnya.

Rikhi Ferdian
Penulis