Nasional

Pilgub DKI Jakarta 2024: Ridwan Kamil Siap Lawan Anies Baswedan?

fin.co.id - 2024-06-11 18:53:19 WIB

Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: FIN.CO.ID

FIN.CO.ID - Dukungan untuk mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dalam upaya pencalonannya di Pilgub DKI Jakarta semakin menguat. Ormas Pro Jokowi (Projo), Gerindra, dan PAN telah memberikan dukungan kepada RK untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Bila RK dan Anies sama-sama maju pada Pilgub DKI Jakarat 2024, lalu siapa yang kuat?

Pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Profesor Lili Romli mengatakan, Pilgub Jakarta akan menjadi pertarungan yang sangat ketat jika Anies dan RK maju sebagai kandidat.

"Persaingan akan sengit mengingat kedua sosok ini dikenal secara nasional dan dianggap sukses saat menjabat sebagai gubernur," katanya saat dikonfirmasi, Selasa 11 Juni 2024.

Baca Juga

Meski demikian, Romli mengatakan, Anies akan memiliki keunggulan lebih. Karena pengalamannya sebagai mantan gubernur Jakarta, kata dia, tentu hal itu memudahkan Anies karena sudah dikenal.

"Pemilih Jakarta lebih mengenal Anies daripada RK. Sebagai pendatang di Jakarta, RK tentu perlu bekerja keras, berbeda jika dia maju di Jabar," jelasnya.

Begitu juga di Jawa Barat, kata dia, jika RK maju di Pilgub Jawa Barat akan memudahklan langkah RK menuju Jabar 1. "Mungkin jika maju di Jabar, RK akan memimpin juga," pungkasnya.

(Fajar Ilman)

Baca Juga

Mihardi
Penulis