Nasional

Jokowi Optimistis Angka Stunting Bisa Turun Jadi 14% Akhir Tahun Ini

fin.co.id - 11/06/2024, 15:52 WIB

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanganan stunting di Posyandu RPTRA Taman Sawo, Jakarta Selatan, Selasa 11 Juni 2024. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyatakan pemerintah optimisti bisa menurunkan angka prevalensi stunting dari 37 persen pada 2014 menjadi 14 persen pada 2024.

"Yang namanya target, kita kan memiliki target yang sangat ambisius dari 37 melompat ke 14 persen. Ini ambisius banget. Tapi, memang kita harus bekerja keras mencapai target," kata Jokowi.

Jokowi menilai, permasalahan stunting di Indonesia bukan hanya urusan makanan saja. Tetapi menyangkut urusan gizi, sanitasi, hingga lingkungan.

"Stunting ini kan tidak hanya urusan makanan. Urusan gizi menyangkut sanitasi, lingkungan dari kampung, lingkungan dari rukun tetangga (RT) juga berpengaruh sekali. Masalah air yang ada juga sangat berpengaruh terhadap stunting," jelas Jokowi.

Baca Juga

Maka itu, sambungnya, ini semua membutuhkan kerja sama. Tidak hanya pemerintah, katanya, tapi juga masyarakat Indonesia.

"Jadi memang kerja bareng-bareng, kerja bersama, kerja terintegrasi, kerja terkonsolidasi sehingga hasilnya akan kelihatan," ujarnya.

(Anisha Aprilia)

Mihardi
Penulis
-->