MEGAPOLITAN

Jangan Salah Pilih Sekolah di PPDB Jakarta, Tidak Bisa Cabut Berkas!

fin.co.id - 2024-06-11 18:55:22 WIB

Link Hasil Seleksi dan Jadwal PPDB

fin.co.id - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta tahun ajaran 2024/2025 telah dibuka sejak Senin, 10 Juni 2024.

Plh Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ali Mukodas mengingatkan agar calon peserta didik baru (CPDB) tidak salah memilih sekolah.

Pasalnya, CPDB yang telah memilih sekolah tidak bisa mengganti pilihannya tersebut hingga tahap pengumuman.

Terlebih, sebelum proses final, sistem akan melakukan konfirmasi dengan menanyakan apakah sekolah yang dipilih sudah benar sebanyak tiga kali.

Baca Juga

Apalagi ketika telah diterima di sekolah tersebut, CPDB tersebut tidak akan bisa mengikuti jalur lainnya dan melakukan pemilihan sekolah lagi.

"Selama dia masih diterima sementara di sekolah pilihannya, dia tidak bisa memilih sekolah lainnya," papar Ali ketika dihubungi pada Selasa, 11 Juni 2024.

Sedangkan apabila setelah pengumuman ia tidak diterima, dapat mengikuti PPDB tahap berikutnya melalui jalur lain untuk memilih di sekolah lain.

"Dia bisa memilih sekolah lainnya, melakukan pemilihan lagi apabila belum diterima di sekolah mana pun," imbuhnya.

CPDB juga tidak bisa melakukan pencabutan berkas untuk selanjutnya mendaftar kembali ke sekolah lain.

Baca Juga

"Sekarang tidak ada istilah cabut berkas, semuanya sudah (menggunakan) sistem," tandasnya.

Sehingga, apabila setelah terdata memilih di salah satu sekolah serta diterima sementara, CPDB tersebut tidak bisa mendaftar atau memilih di tempat lain.

Adapun hasil seleksi diumumkan di hari yang sama dengan penutupan jalur seleksi PPDB, kemudian lapor diri berlangsung selama dua hari setelah pengumuman.

- Annisa Amalia Zahro -

Khanif Lutfi
Penulis