MEGAPOLITAN

Jamin Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Layak Konsmsi, Pj Andi: 16 Ribuan Sudah Divaksinasi!

fin.co.id - 2024-06-11 19:09:06 WIB

Pj Andi Ony Prihartono (kiri) Saat Meninjau Lokasi Penggemukan Sapi di Desa Cisereh, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang - Rikhi Ferdian

FIN.CO.ID -  Sekitar 16.000 populasi hewan ternak di Kabupaten Tangerang telah divaksinasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sejak Januari hingga Mei 2024.

Pemberian vaksinasi bagi hewan ternak khususnya sapi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyakit menular pada hewan seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Sejak bulan Januari sampai Mei (2024) sudah diadakan vaksinasi untuk mencegah PMK dan sudah tercapai 16 ribuan hewan yang divaksinasi," ucap Pj Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono, Selasa 11 Juni 2024.

Ia melanjutkan, menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah ini Pemkab Tangerang juga telah menerjunkan 100 petugas kesehatan hewan ke lapak maupun tempat pemotongan hewan kurban.

Baca Juga

Kata Andi, terhitung tanggal 11 Juni 2024 sampai 21 Juni 2024 ratusan tenaga kesehatan hewan tersebut akan memeriksa hewan kurban di 664 lapak yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Termasuk ke tempat pemotongan ini untuk memastikan hewan kurban yang diterima oleh masyarakat nanti adalah hewan yang higienis kesehatannya," ujarnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sudah distempel atau barcode dari DPKP Kabupaten Tangerang, sebagai tanda bahwa hewan ternak tersebut sudah diperiksa kesehatannya.

Meski begitu ia memastikan sampai saat ini belum ada laporan mengenai hewan kurban yang terpapar penyakit menular.

"Sampai saat ini belum ditemukan (penyakit hewan) dokter kesehatan yang turun ke lapangan juga belum menemukan. Alhamdulillah tidak ada," tandasnya.

Baca Juga

Rikhi Ferdian
Penulis