News

Hotman Usul Tim Kuasa Hukum Prabowo-Gibran Jadi Pengacara Pegi di Kasus Vina Cirebon

fin.co.id - 2024-06-11 18:25:15 WIB

Vina Vina Dewi Arsita dan Pegi Setiawan.

fin.co.id - Hotman Paris Hutapea mengusulkan eks tim kuasa hukum Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024, menjadi pengacara Pegi Setiawan alias Perong di kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Tim kuasa hukum Prabowo-Gibran yang diminta Hotman mendampingi Pegi yakni Yusril Ihza Mahendra dan Otto Hasibuan.

Dengan begitu, Hotman meyakini Pegi akan mendapat keadilan pada kasus pembunuhan Vina dan Eki di Cirebon yang terjadi pada 2016, silam.

"Agar Pegi itu dapat keadilan, agar ditunjuk pengacaranya eks dari timnya Prabowo yaitu Yusril sama Otto Hasibuan," kata Hotman selaku kuasa hukum keluarga Vina di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Selasa, 11 Juni 2024.

Baca Juga

Hotman menilai, agar kasus pembunuhan dan pemerkosaan Vina bisa terbongkar sampai ke akar-akarnya perlu ditangani oleh pengacara kaliber nasional.

"Yang pertama kali meminta agar Pegi itu dibela oleh pengacara kaliber nasional adalah Hotman. Saya ingin kasus ini terbongkar habis," tegas Hotman.

Di sisi lain, Hotman meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk tim pencari fakta untuk menyelidiki kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Tim pencari fakta tersebut kata Hotman, nantinya diisi oleh para pakar hukum independen dari universitas-universitas.

Nantinya selama tim pencari fakta bekerja, penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian dihentikan sementara.

Baca Juga

Setelah ditemukan bukti-bukti oleh tim pencari fakta, barulah polisi bekerja melakukan penyelidikan.

"Kami dari tim Hotman 911 yang sebagai kuasa hukum dari keluarga Vina berpendapat kasus ini sebaiknya penyelidikannya sementara ditunda dulu, agar Pak Jokowi membentuk tim pencari fakta yang netral terutama dari para ahli hukum pidana dari universitas untuk menyelidiki fakta sebenarnya," kata Hotman.

Perlunya dibentuk Tim pencari fakta kata Hotman, karena kalau sampai kasus ini dipaksakan dibawa ke pengadilan dengan terdakwa Pegi alias Perong, maka fakta sesungguhnya dari kasus ini tidak akan terbongkar.

Diketahui, Pegi Setiawan alias Perong telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jawa Barat di kasus pembunuhan Vina dan pacarnya Eki.

Pegi jadi tersangka terakhir pada kasus tersebut setelah polisi menghapus 2 DPO lain yakni atas nama Andi dan Dani.

"Karena sekarang ini kan targetnya hanya satu, Pegi. Ya, sementara misteri kenapa kejadian ini dan kenapa berita acara semua saling bertentangan, tidak terbongkar. Apa yang terjadi tidak terbongkar. Ya, penyidik nanti sama jaksa hanya akan berpatokan kepada hukum acara pidana formil," tambah Hotman.

Sigit Nugroho
Penulis