Otomotif

Kisah Anthony Steven, Pemilik PO Sumber Alam yang Hobi Koleksi Bus Klasik

fin.co.id - 2024-06-10 15:54:09 WIB

FIN.CO.ID - Kendaraan klasik mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga banyak orang yang hobi mengkoleksi motor dan mobil klasik.

Namun berbeda dengan yang lain, Pemilik Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam, Anthony Steven, justru memilih untuk koleksi bus klasik.

Tim fin.co.id berkesempatan untuk berbincang dengan Anthony Steven, membahas mengenai koleksi bus klasik yang terparkir gagah di garasi PO Sumber Alam.

Hobi Koleksi Bus Klasik Menurun Dari Ayahnya

Baca Juga

Hobi koleksi bus Anthony Steven menurun dari ayahnya, dan hingga kini masih dilanjutkan dengan terus menambah bus klasik PO Sumber Alam.

"Koleksinya sudah dimulai dari ayah saya, lalu saya lanjutkan. Memilih bus karena lebih unik, lebih besar, dan turut menjadi pemelihara sejarah transportasi umum," ungkap Anthony Steven kepada fin.co.id Senin 10 Juni 2024.

Belakangan, Anthony Steven, kembali menambah koleksi bus klasik dengan membeli 2 bus Hino tahun 1984 yang pernah digunakan di jepang.

Bus klasik milik Anthony Stevent dipamerkan di ajang pameran BusWorld 2024, yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, tanggal 15 sampai 17 Mei.

Memiliki 7 Koleksi Bus Klasik di Garasi

Baca Juga

Anthony Steven kini telah mengkoleksi 7 unit bus klasik yang diparkirkan di garasi pusat PO Sumber Alam, namun sebagian masih tahap restorasi.

"Saat ini koleksi bus ada 7 unit, 4 sudah jalan, 1 proses restorasi, 2 masih bahan," penjelasan Anthony Steven kepada fin.co.id.

Untuk restorasi bus klasik, dirinya menjelaskan bahwa tidak sebentar untuk menjadikan bus tersebut rapih dan sudah siap untuk digunakan.

"Untuk restorasi tergantung bahannya, bisa beberapa bulan, yang Nissan ini 2 tahun untuk menyempurnakan hingga siap jalan," jelasnya.

Selalu Dilakukan Perawatan Rutin

Koleksi bus klasik Anthony Steven kerap disewa untuk momentum tertentu, sehingga selalu menjalani perawatan rutin oleh montir PO Sumber Alam.

Tuahta Aldo
Penulis