FIN.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan indeks kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2024 naik menjadi 4,5 dalam penilaian indeks yang akan akan dilakukan oleh Kemenpan RB.
Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan, indeks kematangan SPBE Kota Bandung tahun 2023 mencapai 3,98 atau sangat baik. Oleh karenanya Hikmat menargetkan pada penilaian tahun 2024 indeks kematangan SPBE dapat meningkat lagi dan mendapat predikat memuaskan pada penilaian yang akan dating nanti.
"Saya pikir ini bisa kita tingkatkan lagi. Melalui kick off penilaian SPBE, kami berharap dapat menyederhanakan layanan, menginterpretasikan aplikasi dan dapat meningkatkan pelayanan publik yang baik di Kota Bandung," Ungkap Hikmat.
Hikmat menerangkan, SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat
"Kita sudah melaksanakan langkah ini dan sangat strategis sekali. Perangkat daerah telah membuat sistem yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.
Dalam pelaksanaan SPBE, ia meminta perangkat daerah berhenti membuat aplikasi baru dan mengedepankan penyederhanaan integrasi aplikasi.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana mengatakan, SPBE Kota Bandung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan hasil penilaian, terdapat empat domain yang sudah memiliki skor memuaskan, tapi masih perlu ditingkatkan, yakni kebijakan, tata kelola, manajemen, dan layanan.
Dengan kolaborasi dan sinergi seluruh perangkat daerah dalam pelaksanaan SPBE di Kota Bandung menjadi motivasi untuk menghadirkan indeks kematangan SPBE yang lebih baik dari tahun sebelumnya.
Baca Juga
"Ini menjadi motivasi kita agar SPBE lebih baik dari 2023. Mudah-mudahan dengan usaha kita semua, Pemkot Bandung bisa mencapai target 4,5. Di samping smart city juga harus baik, SPBE ini fondasi dari smart city," ujarnya.
Melalui pengembangan ini, Yayan berharap SPBE di Kota Bandung lebih efektif dan efisien dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.