MEGAPOLITAN

Viral Aksi Vandalisme Kereta Commuter Line di Bekasi, KCI Siap Ambil Tindakan Hukum

fin.co.id - 06/06/2024, 22:15 WIB

Video viral aksi vandalisme kereta Commuter Line di Bekasi, KCI akan persiapkan jalur hukum

FIN.CO.ID - Viral aksi vandalisme oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terjadi di rangkaian kereta commuter line nomor 5023 Manggarai - Kampungbandan.

Peristiwa vandalisme terjadi, saat rangkaian kereta commuter line tersebut sedang berhenti di Stasiun Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu 5 Mei 2024 pagi.

Manager External Relations and Corporate Image Care Kereta Commuter Indonesia (KCI), Leza Arlan mengungkapkan, vandalisme dilakukan di rangkaian gerbong 8 dan 9.

“Terkait adanya vandalisme dengan mencoret, menggambar atau grafiti pada badan kereta commuter line nomor 5023 Manggarai - Kampungbandan di Stasiun Cikarang adalah benar," ungkap Leza Arlan saat dikutip, Kamis 6 Juni 2024.

Baca Juga

Akibat adanya aksi vandalisme di gerbong, kereta commuter line nomor 5023 harus dibersihkan secara bertahap oleh petugas di depo.

“Kondisi badan kereta sudah dibersihkan secara bertahap, kereta tersebut juga masih beroperasi, kami sangat menyayangkan kejadian tersebut,” jelasnya.

Leza Arlan mengatakan, pihaknya tidak segan-segan untuk melaporkan aksi vandalisme gerbong kereta ke pihak kepolisian.

“Apabila pelaku tertangkap dan melakukan terbukti melakukan vandalisme,” kata Leza.

Guna menambah keamanan, KCI akan menambah kamera CCTV sebagai pemantauan tindak kriminal dan vandalisme di kereta maupun stasiun.

“Selain itu juga melakukan sosialisasi terkait vandalisme yang merusak fasilitas umum kepada warga sekitar rel,” ucapnya.

Baca Juga

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat dan pengguna kereta commuter line, untuk selalu turut menjaga dan merawat fasilitas umum bersama-sama.

Selain itu para penumpang juga di ajak untuk selalu menjaga keamanan bersama, selama di dalam kereta commuter ataupun area stasiun pemberhentian.

Tuahta Aldo
Penulis