Kesehatan

Praktisi Kesehatan: 1 Batang Rokok Bisa Dialihkan untuk 1 Butir Telur, Guna Tingkatkan Gizi Keluarga

fin.co.id - 01/06/2024, 16:44 WIB

Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Taman Sari sekaligus Staf Teknis Transformasi Kesehatan Kementerian Republik Indonesia, dr Ngabila Salama.

fin.co.id - Praktisi Kesehatan Masyarakat, Ngabila Salama mengungkapkan konsumsi rokok bisa dialihkan untuk membeli telur untuk membantu menurunkan angka stunting.

Pasalnya, kata Ngabila, stunting masih menjadi permasalahan utama di Indonesia, terdapat empat cara mencegah stunting yang bisa diterapkan masyarakat Indonesia.

“Menurut saya, ada empat cara mencegah dan mengentaskan stunting, konsumsi protein hewani yg cukup, siapkan mental dan fisik calon ibu, imunisasi rutin lengkap gratis, dan deteksi dini dgn membawa semua balita ke posyandu setiap bulan,” ungkapnya kepada fin.co.id pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Ia juga menjelaskan, rokok merupakan konsumsi nomor dua pada keluarga miskin setelah beras, yang mana apabila kebiasaan merokok dikurangi uang tersebut bisa dialihkan untuk membeli makanan bergizi seperti telur, ayam, susu, dan lainnya.

Baca Juga

Dalam hal ini, Ngabila menjelaskan efek rokok baik perokok aktif maupun perokok pasif yang sama berbahayanya bagi kesehatan fisik dan juga mental pada anak.

“Perokok aktif disebut 1st hand smoker, yang menghirup asap rokok disebut 2nd hand smoker dan yang menghirup sisa asap rokok di benda disebut 3rd hand smoker termasuk bayi kita dirumah menghirup dari baju, HP, tangan, dan lainnya” ungkapnya.

Perokok memiliki peran untuk mencegah efek bahaya dari rokok untuk masuk ke dalam tubuh manusia terutama kesehatan anak sejak dalam kandungan.

“Para perokok memiliki pajanan rokok sebelum sampai dengan sesudah lahir yg kumulatif bahkan sudah terbukti meningkatkan kadar kotinin di darah dan urine anak,” sambungnya.

- Ayu Novita -

Baca Juga

Khanif Lutfi
Penulis
-->