News

Jokowi Minta Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila Sesuai Perkembangan Zaman

fin.co.id - 01/06/2024, 11:36 WIB

Presiden Jokowi.

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta sosialisasi nilai-nilai Pancasila diimplementasikan sesuai perkembangan zaman. Jokowi menyoroti demografi Indonesia kini didominasi oleh Generasi Y atau Generasi Milenial, Generasi Z-Gen Z, dan Generasi Apha.

BACA JUGA:

Hal itu disampaikan oleh Jokowi dalam amanatnya selaku inspektur upacara saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Dumai, Riau, Sabtu 1 Juni 2024 dalam tayangan langsung YouTube Sekretariat Presiden.

“Kini demografi Indonesia didominasi oleh generasi Y-generasi millenial, generasi Z-gen Z, dan generasi Alpha. Oleh karena itu, cara kita menyosialisasikan Pancasila juga harus dengan cara-cara mereka, dengan cara dan praktik-praktik, teladan yang nyata, dan menggunakan serta mengembangkan budaya Indonesia,” kata Jokowi.

Dia mengatakan, Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia. Hal ini sesuai dengan apa yang terkandung dalam nilai Pancasila.

Selain itu, kata Jokowi, Indonesia juga ikut terus berupaya dalam gerakan dunia menuju ekonomi hijau. Pilihan tersebut diambil karena Indonesia memiliki kekuatan besar dan daya saing tinggi dalam ekonomi hijau.

“Kita punya hampir semua jenis energi hijau mulai dari energi panas bumi, energi surya, energi air, energi angin, dan energi ombak. Kita juga punya hasil kebun yang bisa diolah menjadi biodiesel, bioethanol, dan bioavtur," tuturnya.

Jokowi menekankan, transisi energi harus dilanjutkan secara bertahap dan Indonesia harus mempercepat transisi energi menuju energi hijau.

"Kekuatan energi hijau ini akan mengundang pembiayaan ekonomi hijau, menghasilkan pangan hijau dan membuka peluang-peluang bagi green jobs yang menyejahterakan dan sekaligus berkelanjutan,” kata dia.

Dia menginstruksikan, Pertamina dan PLN untuk terus mengembangkan energi hijau yang meningkatkan nilai tambah di dalam negeri, yang menyejahterakan masyarakat, utamanya rakyat bawah, yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.

BACA JUGA:

Mihardi
Penulis
-->