Ekonomi

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

fin.co.id - 2024-05-19 21:49:10 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melakukan Pertemuan Bilateral dengan Sekretaris Jenderal World Meteorological Organization (WMO) PBB Celeste Saulo

FIN.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melakukan Pertemuan Bilateral dengan Sekretaris Jenderal World Meteorological Organization (WMO) PBB Celeste Saulo. Pertemuan dilakukan di Sofitel Nusa Dua, Bali, Minggu (19/05/2024).

Menteri Basuki berterima kasih kepada WMO dan BMKG atas dukungannya dalam bidang meteorologi. Terlebih, kondisi cuaca juga berdampak pada bidang konstruksi dan pengoperasian infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) di Indonesia.

“Terima kasih kepada WMO dan BMKG yang telah menjadi partner strategis kami dalam bekerja. Di bidang SDA, kami bergantung pada hasil kerja mitra meteorologi. Terutama pada pengoperasian reservoir, penjadwalan sistem saluran irigasi serta aktivitas lain dalam pengelolaan air,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga berterima kasih kepada BMKG atas implementasi teknologi modifikasi cuaca. Menurutnya, teknologi tersebut memberikan dampak yang signifikan pengelolaan air. Teknologi tersebut juga memberikan manfaat pada kegiatan kenegaraan, seperti G20 dan juga World Water Forum ke-10.

“Saat ini BMKG memimpin seluruh aktivitas meteorologi dan iklim di Indonesia. BMKG sangat ahli dalam pengaturan curah hujan yang berdampak pada peningkatan panen, hingga pengendalian banjir. Sehingga, melalui kerja sama dalam peningkatan early warning systems, Kementerian PUPR berharap WMO dan BMKG akan memperkuat kinerja meteorologi Indonesia,” kata Menteri Basuki.

Kepala BMKG Dwikorita juga berterimakasih kepada Kementerian PUPR atas dukungan dan kerja sama selama ini. Serta telah menjadi partner yang concern di bidang ketahanan iklim.

“Menteri Basuki telah memberikan mandat, bahwa salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam World Water Forum ke-10, yaitu pembentukan Center of Excellence on Water and Climate Resilience. Terima kasih atas dukungannya selama ini, baik dalam peningkatan peralatan kami hingga pengembangan sistem kinerja,” ujar Kepala BMKG Dwikorita.

Sekretaris Jenderal WMO Celeste juga mengatakan, WMO siap mendukung penuh kerja sama untuk memperkuat sistem meteorologi Indonesia. Dan berterimakasih atas dukungan Kementerian PUPR.

“WMO sangat mendukung penuh adanya kerja sama ini. Kami berharap, kolaborasi ini dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain,” ujar Sekretaris Jenderal Celeste.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Sekretaris Jenderal Mohammad Zainal Fatah, Direktur Jenderal Sumber Daya air Bob Arthur Lombogia, dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.

Admin
Penulis