News

Rekor Tyson Fury Rusak, Oleksandr Usyk Juara Tinju Kelas Berat Tak Terbantahkan!

fin.co.id - 19/05/2024, 09:30 WIB

Rekor Tyson Fury Rusak, Oleksandr Usyk Juara Tinju Kelas Beras Tak Terbantahkan!

FIN.CO.ID-  Oleksandr Usyk mengalahkan Tyson Fury dalam laga perebutan kelas berat dunia di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu 19 Mei 2024 WIB, atau Sabtu waktu Arab Saudi. 

Pertarungan ini menentukan gelar juara sejati di kelas berat yang sudah lama tidak bertuan sejak masa kejayaan Lennox Lewis pada April 2000.

Usyk kini menjadi juara kelas berat tak terbantahkan 22-0. Dia menambahkan gelar WBC milik Fury ke sabuk WBA, IBF, dan WBO miliknya. 

BACA JUGA:

Usky menang besar setelah hajar Tyson Fury pada ronde ke 9 dengan knockdown. Usyk menodai rekor Fury 34-1-1.

Dia menang angka 115-112 dan 114-113, sedangkan juri ketiga memberikannya kepada Fury, 114-113.

Dari statistik, Usyk mendaratkan pukulan sebesar 41% dari 407 pukulannya, sementara Fury hanya mendaratkan 31,7% dari 496 pukulannya, menurut statistik CompuBox.

Usyk melontarkan (260 hingga 210) dan mendaratkan (122 hingga 95) lebih banyak pukulan kuat.

“Ini saat yang tepat. Ini hari yang menyenangkan,” kata Usyk usai laga. 

Usyk memulai pertandingan dengan gerakan yang cepat, namun dia harus bertahan sementara Fury yang percaya diri dan karismatik mendominasi ronde tengah.

“Terima kasih banyak untuk tim saya,” kata Usyk sambil menahan tangis di atas ring. “Ini adalah peluang besar bagi saya, bagi keluarga saya, bagi negara saya. Slava Ukraina!”.

BACA JUGA:

Sementara itu, Tyson Fury mengakui yakin memenangkan pertarungan itu. Sayangnya, dirinya kalah. 

"Saya yakin saya memenangkan pertarungan itu,” kata Fury. “Saya yakin dia memenangkan beberapa ronde, namun saya memenangkan sebagian besar ronde tersebut, dan saya yakin itu adalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan, salah satunya… keputusan dalam tinju. Kami berdua melakukan pertarungan yang bagus, yang terbaik yang bisa kami lakukan.

“Tahukah Anda, negaranya sedang berperang, jadi orang-orang berpihak pada negara yang sedang berperang. Namun jangan salah, menurut pendapat saya, saya memenangkan pertarungan itu dan saya akan kembali. Saya punya klausul pertandingan ulang.”

Afdal Namakule
Penulis
-->