News

Penyebab Pesawat Jatuh di BSD, Kemenhub Koordinasi ke KNKT dan Kepolisian

fin.co.id - 2024-05-19 16:46:54 WIB

Sebuah pesawat capung/pesawat ringan jatuh atau mengalami kecelakaan udara di Kawasan Lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu, sekitar 14.09 WIB.

fin.co.id - Pascajatuhnya pesawat di BSD, Tangerang Selatan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

Selain itu, Kemenhub juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait pesawat jatuh di BSD tepatnya di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

“Penjelasan detail mengenai hal ini akan disampaikan lebih lanjut berkoordinasi dengan Tim KNKT dan Inspektor Penerbangan dari Ditjen Perhubungan Udara serta kepolisian setempat,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu 19 Mei 2024 sore.

Meski begitu, Adita mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub telah menerima laporan terkait Pesawat Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia) yang jatuh di daerah BSD Tangerang Selatan.

BACA JUGA: Daftar Identitas Para Korban Pesawat Jatuh di Tangsel

Insiden jatuhnya pesawat dari Perkumpulan Penerbang Indonesia terjadi pada Minggu, 19 Mei 2024, sekitar pukul 14.30 WIB.

“Pesawat PK-IFP dengan tiga orang onboard (dengan rincian) satu penerbang, satu engineer, dan satu penumpang,” ucap Adita.

Adita menambahkan bahwa saat ini masih dalam proses evakuasi di lokasi kejadian jatuhnya pesawat tersebut.

Sebelumnya Adita Irawati mengatakan sebuah pesawat yang jatuh di Kawasan Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu, dari Indonesia Flying Club.

BACA JUGA: Pesawat Capung Jatuh di BSD Serpong Bersamaan dengan Hujan Deras

“Itu bukan pesawat (dari Sekolah Penerbangan) Curug, tapi Indonesia Flying Club,” katanya.

Mengenai kronologi kecelakaan, otoritas di Kementerian Perhubungan masih mengumpulkan informasi mengenai kejadian tersebut.

"Saya sedang mengumpulkan informasi," ujarnya.

Dari berbagai foto dan video yang tersebar di media sosial, pesawat berwarna putih dengan kode di badan tertulis PK-IFP itu hancur di tengah rerumputan.

Admin
Penulis