Cyber

Universitas BSI Sharing Ilmu Video Editing Capcut ke Puluhan Perempuan Fatayat NU

fin.co.id - 06/05/2024, 11:34 WIB

Universitas BSI Sharing Ilmu Video Editing Capcut

FIN.CO.ID - Era digitalisasi telah membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat belakangan ini. Ditambah lagi meningkatnya trend penggunaan sosial media menjadikan pola perilaku masyarakat telah mengalami pergeseran.

Saat ini disadari atau tidak, perkembangan teknologi telah merasuki kehidupan masyarakat dunia, dimana seluruh aktivitas melalui teknologi telah dirasakan manfaatnya, khususnya anak-anak muda yang memanfaatkan teknologi untuk berselancar di dunia maya.

Berkaca dari itu, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melalui kegiatan rutin Pengabdian Masyarakat (PM) mendorong masyarakat khususnya ormas perempuan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Pimpinan Cabang Cibodas, Kota Tangerang, Banten untuk meningkatakn kemampuan dalam bidang video editor capcut.

Upaya ini dilakukan UBSI untuk menjawab permasalahan yang ada di Ormas Perempuan Fatayat NU, dimana menurut hasil observasi yang dilakukan di Organisasi Masyarakat Perempuan Fatayat Nahdlatul Ulama Cibodas Kota Tangerang menunjukkan ada suatu permasalahan yang muncul pada Pimpinan Anak Cabang Fatayat yang dikelola kaum perempuan dari Nahdlatul Ulama.

Data lain menunjukkan bahwa saat ini mereka belum mampu memahami pemanfaatan video pada media sosial di Instagram secara langsung. Bahkan tidak semua anggota Fatayat NU mampu menggunakan teknologi sebagai bahan menyampaikan materi secara kreatif dan edukatif.

Sehingga salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu melalui optimalisasi pelatihan pembuatan video dengan menggunakan aplikasi Capcut sebagai bahan media informasi yang kreatif dan edukatif juga dakwah Islami.

UBSI melalui kegiatan PM yang digelar di Gedung MUI Kecamatan Ciledug, Sabtu (4/5/0204), berupaya membantu para perempuan Fatayat NU dalam peningkatakan kemampuan pemanfaatan video pada media sosial. Sehingga mereka dapat memperkenalkan lebih luas lagi melalui media digital khususnya Instagram serta mendorong penyampaian informasi edukasi dan dakwah Islami yang diberikan dengan video yang kreatif dan menarik dapat menjangkau target sasaran lebih luas lagi.

“Pelatihan digital kepada anggota Fatayat  ini  sangat bagus untuk  meningkatkan kemampuan dan pengetahuan digital Ibu-ibu anggota Fatayat dalam membuat konten-konten promosi  hingga mem-branding organisasinya agar mendapat respon positif dari khalayaknya,” ujar Dekan Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI, Anisti, M.Si, saat menghadiri kegiatan tersebut.

Anisti menambahkan, Pengabdian Masyarakat kali ini berjalan lancar dan mendapat respon positif dari Fatayat NU karena mereka juga membutuhkan kemampuan dibidang digital dalam mengelola media sosialnya.

Kegiatan PM ini diselenggarakan oleh sejumlah dosen Program Studi Ilmu Komunikasi dan berkolaborasi dengan mahasiswa yakni Maya May Syarah S.Sos, M.Si selaku ketua penyelenggara, serta sejumlah anggotanya Andi Banus Achir S.Sn. M.Ikom, Zaldy Handi Aditia, M.I.Kom, Silvina Mayasari, M.Si, Ilham Thaher Tirtadinata, dan Febriana Eka Puspitasari.

Admin
Penulis
-->