News

Erupsi Gunung Ruang, Pos PGA Rekam 564 Gempa Dangkal di Sulsel

fin.co.id - 18/04/2024, 10:02 WIB

Penampakan erupsi Gunung Ruang keluarkan lava beserta kilat

FIN.CO.ID - Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) merekam sebanyak 564 kali gempa dangkal Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu 17 April 2024. Dalam laporan aktivitas Gunung Ruang periode pukul 06.00 - 12.00 Wita yang diterima di Manado menyebutkan 564 gempa vulkanik dangkal itu memiliki amplitudo 10-55 milimeter dan durasi 15-35 detik.

Selain itu juga terekam dua gempa terasa yang memiliki amplitudo 55 milimeter dan durasi 42-43 detik. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan diminta agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius empat kilometer dari pusat kawah aktif.

BACA JUGA:

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang juga diminta tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia.

Diharapkan pemerintah daerah, BPBD Provinsi Sulut dan kabupaten senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Gunung Ruang meletus eksplosif pada Selasa 16 April 2024 pukul 19.19 Wita setelah terjadi peningkatan aktivitas gempa vulkanik. Sebanyak 838 warga yang ada di dua desa yang bermukim di Pulau Ruang telah diungsikan ke Kecamatan Tagulandang menggunakan kapal laut.

Sebelumnya, terjadi erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawei Utara pada Rabu 17 April 2024. Bahkan gunung ruang tersebut memuntahkan lava pijar disertai kilatan petir.

Beredar di media sosial rekaman terjadinya erupsi Gunung Ruang disertai kilatan petir. Dalam video berdurasi 28 detik tersebut memperlihatkan aktivitas Gunung Ruang yang mengeluarkan lava beserta awan hitam yang menggumpal dan adanya kilatan petir.

BACA JUGA:

Mihardi
Penulis
-->