News

Erupsi Gunung Ruang Berpotensi Tsunami, PVMBG Minta Masyarakat Jauhi Pantai

fin.co.id - 2024-04-18 10:19:41 WIB

Penampakan erupsi Gunung Ruang keluarkan lava beserta kilat

FIN.CO.ID - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Ruang, Sulawesi Utara dari level normal ke level waspada. Kemudian ke level III atau siaga.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian ESDM Hendra Gunawan. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak berada di radius 6 km dari Gunung Ruang.

BACA JUGA:

"Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km," kata Hendra dalam keterangannya, Kamis 18 April 2024.

Selain itu, kata dia, PVMBG juga meminta masyarakat yang bermukim di dekat pantai untuk tetap waspada. Sebab, kata dia, erupsi Gunung Ruang berpotensi tsunami.

“Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut,” katanya.

Dia mengatakan, mengacu pada hasil pengamatan instrumental pada Rabu 17 April 2024 pukul 00.00-12.00 Wita, jumlah Gempa Vulkanik Dalam (VTA) tercatat 373 kejadian, Gempa Vulkanik Dangkal (VTB) 564 kejadian, Gempa Terasa 2 kejadian, dan Gempa Tektonik Lokal 1 kejadian.

"Pada pukul 12:00 - 20:15 WITA, Gempa Erupsi 1 kejadian dan Tremor Vulkanik menerus dengan amplitudo maksimum 50 - 55 mm (dominan 55 mm)," tuturnya.

BACA JUGA:

(Anisha Aprilia)

Admin
Penulis