Otomotif

Usai Mudik Lebaran, Wajib Periksa Komponen Mobil Ini Guna Menjaga Keamanan Kendaraan

fin.co.id - 17/04/2024, 14:42 WIB

Ilustrasi pengecekan mesin mobil secara berkala di bengkel.

FIN.CO.ID - Usai perjalanan jauh mudik lebaran ke kampung halaman, jangan lupa periksa beberapa komponen mobil yang kamu gunakan.

Pemeriksaan komponen mobil diperlukan, untuk memastikan tidak ada kendala setelah berkendara ratusan bahkan ribuan kilometer dengan kondisi berkendara yang berat.

Perjalanan mudik membuat mobil bekerja semakin keras, terlebih harus menghadapi kemacetan di beberapa titik dan mobil diisi penuh oleh penumpang dan barang.

Risiko kerusakan akibat kondisi jalan yang tidak terduga seperti melintasi lubang jalan dengan kecepatan tinggi, berpotensi merusak komponen kaki-kaki mobil. 

Setelah kembali ke rumah, lakukan pengecekan beberapa komponen penting guna memastikan tidak ada masalah yang dapat mengganggu kinerja mobil.

BACA JUGA :

1. Periksa Kaki Kaki 

Periksa kaki-kaki mobil dari rembesan oli usai mudik lebaran, gerakkan komponen kemudi dan suspensi untuk melihat potensi masalah di kolong mobil.

Shock tidak boleh ada kebocoran termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek, waspadai bocor pada selang rem dan kondisi kampas rem yang bekerja paling berat.

2. Periksa Ban

Ban langsung berhadapan dengan aspal atau beton jalan, sehingga ban harus bekerja lebih keras selama perjalanan di momen mudik Lebaran. 

Untuk itu segera cek kondis ban setelah mudik lebaran, lihat apakah terdapat tanda keausan pada telapak ban dan segera ganti jika sudah tidak layak pakai.

3. Periksa Oli Mesin

Oli mesin bertugas melindungi mesin dari gesekan antar komponen, sehingga melepaskan panas mesin, dan membuang kotoran akibat gesekan antar komponen. 

Pastikan oli mesin tidak kurang, perhatikan apakah ada perubahan warna oli mesin, guna mengantisipasi oli tercampur air saat perjalanan mudik.

Tuahta Aldo
Penulis
-->