Otomotif

AC Mobil Kurang Dingin? Tak Perlu ke Bengkel, Ikuti Tujuh Langkah Ini

fin.co.id - 29/03/2024, 18:25 WIB

Terkadang AC mobil kurang dingin. Sumber foto: google

FIN.CO.ID – AC mobil yang berfungsi dengan baik tentu akan memberikan kenyamanan selama berkendara, terutama di cuaca panas. Namun, terkadang AC mengalami masalah seperti kurang dingin. Tentu ini cukup mengganggu.

Nah berikut adalah langkah- langkah mudah yang bisa Anda lakukan sendiri jika AC mobil bermasalah.

1. Periksa Tingkat Refrigeran (Freon)

Freon adalah zat pendingin utama. Periksa tingkat freon dalam sistem AC mobil Anda. Jika freon rendah, maka AC jadi kurang efektif dalam mendinginkan udara. Anda dapat membeli freon di toko suku cadang otomotif dan mengisi sendiri dengan mengikuti petunjuk yang ada.

2. Periksa Kondisi Filter Udara

Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran udara ke dalam sistem AC. Periksa filter udara dan bersihkan atau ganti jika perlu. Ini akan membantu meningkatkan aliran udara dan kinerja pendinginan AC.

BACA JUGA: 

3. Periksa Kondensor

Kondensor adalah bagian dari sistem pendinginan yang membantu mendinginkan udara yang masuk ke dalam kabin mobil. Pastikan kondensor tidak tersumbat oleh kotoran atau debu. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan kompresor udara atau semprotan tekanan rendah.

4. Pastikan Kipas Berfungsi dengan Baik

Kipas yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan kurangnya aliran udara melalui kondensor. Periksa kipas dan pastikan berputar dengan lancar. Jika perlu, ganti kipas yang rusak atau tidak berfungsi.

BACA JUGA:

5. Cek Sistem Kontrol Temperatur

Pastikan sistem kontrol temperatur pada dashboard kendaraan Anda berfungsi dengan baik. Kadang-kadang, masalah AC mobil yang kurang dingin disebabkan oleh pengaturan suhu yang tidak tepat.

6. Bersihkan Saluran Udara

Saluran udara yang tersumbat oleh kotoran atau debu dapat menghambat aliran udara ke dalam kabin mobil. Periksa saluran udara dan bersihkan dengan hati-hati menggunakan sikat atau alat pembersih lainnya.

7. Periksa Kompresor AC

Kompresor adalah bagian penting dari sistem pendinginan AC mobil. Pastikan kompresor berfungsi dengan baik dan tidak bocor.

Jika Anda mendengar suara aneh dari kompresor atau melihat tanda-tanda kebocoran, segera periksakan ke bengkel AC untuk diperbaiki.

Jika Anda mengalami kesulitan atau menemui masalah yang lebih serius, disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi AC profesional.

Eko Nugros
Penulis
-->