Kesehatan

Ini Dia CoViNet, Jejaring Pendeteksi Virus Corona yang Diluncurkan WHO

fin.co.id - 28/03/2024, 18:43 WIB

Ini Dia CoViNet, Jejaring Pendeteksi Virus Corona yang Diluncurkan WHO

Ilustrasi Virus Corona Covid-19

FIN.CO.ID - World Health Organisation (WHO) meluncurkan CoViNet pada Rabu, 27 Maret 2024. Ini adalah jejaring baru untuk mendeteksi virus Corona. 

Jejaring ini memfasilitasi dan mengoordinasikan keahlian dan kapasitas global dalam mendeteksi SARS-CoV-2, MERS-CoV, dan virus corona baru.

CoViNet memperluas jaringan laboratorium rujukan Covid-19 WHO yang dibentuk pada masa-masa awal pandemi. Awalnya, jaringan laboratorium ini berfokus pada SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19. 

“Virus corona berulang kali menunjukkan risiko epidemi dan pandeminya. Ini adalah upaya memahami virus corona dengan ancaman tinggi. Seperti SARS, MERS, dan Covid-19, serta untuk mendeteksi virus corona baru,” kata penjabat Direktur Departemen Kesiapsiagaan dan Pencegahan Epidemi dan Pandemi WHO, Maria Van Kerkhove. 

BACA JUGA:

Jaringan tersebut akan menangani virus corona yang lebih luas, termasuk MERS-CoV dan potensi virus corona baru. CoViNet adalah jejaring laboratorium global dengan keahlian pengawasan virus corona pada manusia, hewan, dan lingkungan.

Jaringan tersebut saat ini mencakup 36 laboratorium dari 21 negara di enam wilayah WHO. Para perwakilan laboratorium bertemu di Jenewa pada tanggal 26-27 Maret untuk menyelesaikan rencana aksi untuk tahun 2024-2025.

Harapannya, negara anggota WHO lebih siap mendeteksi dini, mengevaluasi risiko, dan merespons tantangan kesehatan terkait virus corona. Pertemuan CoViNet mempertemukan para ahli global di bidang kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

Dikatakan, jejaring global baru untuk virus corona ini akan memastikan deteksi, pemantauan, dan penilaian virus corona yang penting bagi kesehatan masyarakat secara tepat waktu. 

BACA JUGA:

 

Rizal Husen
Penulis
-->