Kesehatan

Sakit Kepala Saat Batuk? Bisa Jadi Terkena Penyakit Berikut Ini

fin.co.id - 15/03/2024, 22:19 WIB

Sakit Kepala Saat Batuk? Bisa Jadi Terkena Penyakit Berikut Ini

FIN.CO.ID - Batuk seringkali dianggap sebagai gejala yang tidak terlalu serius. Namun, apa yang terjadi ketika batuk disertai dengan sakit kepala yang intens? Ini bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai.

Sakit kepala yang muncul saat batuk bisa merupakan gejala dari berbagai masalah kesehatan yang mendasari. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang mungkin menjadi penyebabnya:

Batuk berdahak sangat mengganggu aktivitas sehari hari--unsplash.com

1. Sinusitis

Ketika sinus Anda meradang atau terinfeksi, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit di kepala, terutama ketika batuk. Kondisi ini biasanya disertai dengan gejala lain seperti hidung tersumbat atau berair, tekanan di wajah, dan demam.

2. Flu atau pilek

Infeksi virus seperti flu atau pilek seringkali menyebabkan batuk yang disertai dengan sakit kepala. Gejala lain yang mungkin timbul termasuk demam, nyeri otot, dan kelelahan.

BACA JUGA:

3. Tenggorokan radang

Radang tenggorokan atau faringitis bisa membuat tenggorokan terasa sakit dan teriritasi. Batuk yang disertai dengan sakit kepala seringkali merupakan tanda dari kondisi ini.

4. Pneumonia

Infeksi paru-paru seperti pneumonia dapat menyebabkan batuk yang parah dan berdampak pada sakit kepala. Gejala lainnya meliputi demam tinggi, napas tersengal-sengal, dan nyeri dada.

Penyebab Batuk sampai Sakit Kepala, Simak Penjelasan Berikut Ini-FIN.CO.ID-

5. Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada saluran udara utama di paru-paru (bronkus). Batuk yang disertai dengan sakit kepala bisa menjadi gejala bronkitis, terutama jika batuk berlangsung dalam waktu yang lama.

Brigita
Penulis
-->