Kesehatan

Tips Efektif Agar Mulut Tetap Segar dan Bebas Bau saat Puasa Ramadan

fin.co.id - 14/03/2024, 10:10 WIB

FIN.CO.ID -  Masalah bau mulut bisa menjadi sumber ketidaknyamanan dan kurangnya rasa percaya diri. Palagi di saat puasa Ramadan ini. 

Untuk menghindari hal ini, perlu adanya perhatian ekstra terhadap kebersihan mulut, baik saat berbuka dan saat sahur. 

Di samping itu, hindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki bau yang kuat seperti bawang, bawang putih, atau kopi, karena hal ini dapat meningkatkan risiko bau mulut.

BACA JUGA:

Dengan menjaga kebersihan mulut dan mengikuti kebiasaan sehat sehari-hari, Anda dapat menjaga mulut tetap segar dan bebas bau meskipun saat puasa Ramadan, serta meningkatkan rasa percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

Berikut 3  tips untuk menjaga mulut tetap segar dan bebas bau saat puasa Ramadan

1. Sikat Gigi dan Lidah Secara Teratur saat Buka Puasa atau Sahur. 

Menjaga kebersihan mulut adalah langkah pertama yang penting dalam mencegah bau mulut.

Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari, setelah makan berbuka dan sebelum tidur, dan saat selesai sahur. Sikat gigi bisa dilakukan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Pastikan untuk menyikat semua permukaan gigi secara menyeluruh, termasuk bagian belakang gigi dan gusi. Selain itu, membersihkan lidah juga penting karena banyak bakteri penyebab bau berkembang di sana.

Gunakan sikat gigi atau alat pembersih lidah untuk membersihkan permukaan lidah setiap kali menyikat gigi.

BACA JUGA:

2. Berkumur dengan Air Antiseptik

Setelah menyikat gigi, berkumur dengan air antiseptik atau mouthwash dapat membantu membersihkan area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Pilihlah mouthwash yang mengandung bahan-bahan seperti klorheksidin atau seng klorida, yang dapat membantu mengurangi pembentukan plak dan mengontrol pertumbuhan bakteri. Berkumur dengan mouthwash selama 30 detik hingga satu menit setelah menyikat gigi untuk hasil yang optimal.

Rangga Dipa
Penulis
-->