Otomotif

Karoseri Adi Putro Pamerkan Bus Tambang Penggerak Roda 4x4 di Giicomvec 2024 Jakarta

fin.co.id - 10/03/2024, 15:45 WIB

Karoseri Adi Putro memamerkan unit terbaru Roamer 4x4 di GIICOMVEC 2024 Jakarta

FIN.CO.ID - Karoseri Adi Putro turut memamerkan unit barunya, dalam pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (Giicomvec) 2024 Jakarta.

Dipamerkan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, tanggal 7-10 Maret, Adi Putro membuat bus khusus untuk daerah pertambangan yang diberi nama Roamer. 

Pantauan langsung fin.co.id siang ini, unit bus medium dengan nama Roamer, sangat menarik perhatian banyak orang karena tampilannya yang berbeda.

“Roamer diciptakan berdasarkan peraturan pertambangan yang mengharuskan setiap kendaraan memiliki penggerak 4×4,” kata David Jethrokusumo, direktur PT Adi Putro Wira Sejati, saat dikutip fin.co.id Minggu 10 Maret 2024.

BACA JUGA :

Menurutnya, bus baru ini mempunyai model yang berbeda dan dirancang menggunakan ban jenis M/T untuk melibas medan sulit dengan mudah.

"Ini monokok, mining spek. Jadi, selama ini tambang itu kan ada yang namanya unit main hall untuk mengangkut dari site ke mess atau ke mana. Cuma selama ini peraturan pertambangan itu harus 4x4. Tapi setahu saya di Indonesia spek 4x4 itu baru ada Isuzu, tapi unitnya itu truk,” jelasnya.

Selain itu, truk tidak diperbolehkan mengangkut penumpang dalam uji tipe Kementerian Perhubungan, sehingga Adi Putro menyediakan kebutuhan perusahaan tambang.

"Maka dari itu coba kita benar-benar uji tipe itu merek Adiputro merek 4x4 asli. Nah ini sudah di buat STNK sesuai spek. Jadi ini mokok tanpa sasis, kita juga ganti koil spring tidak pakai per daun, lebih manusiawi," ucapnya.

BACA JUGA :

Adi Putro Roamer Monocoque 4×4, mempunyai panjang 8.350 mm, lebar 2.300 mm dan tinggi 3.290 mm, serta dirancang dengan menggunakan material galvanized steel.

Untuk kaca depan, Adi Putro Roamer menggunakan bahan laminated dan kaca samping bus menggunakan nauan tempered fixed.

Bus ini hadir dengan penggerak roda 4×4 dan chassis monokok, lalu dilengkapi suspensi spring coil dan dapat menampung hingga 35 orang penumpang.

Dengan hadirnya Adi Putro Roamer, diharapkan dapat memberi solusi transportasi efisien dan andal bagi industri pertambangan di wilayah Indonesia.

Tuahta Aldo
Penulis