Otomotif

3 Tips Merawat Mobil Listrik dengan Bijak, Simak Penjelasannya di Sini

fin.co.id - 2024-03-04 09:00:00 WIB

FIN.CO.ID -  Dalam era ketidakpastian perubahan iklim, mobil listrik menjadi jawaban yang semakin populer untuk mengurangi jejak karbon dan memasuki masa depan ramah lingkungan.

Namun, memiliki mobil listrik bukan hanya tentang mengemudi tanpa emisi, tetapi juga tentang merawatnya dengan bijak.

Mari kita eksplorasi tiga cara sederhana untuk merawat mobil listrik Anda agar tetap berkinerja optimal dan ramah lingkungan.

1. Pemantauan Baterai yang Bijak

--

Baterai adalah jantung dari mobil listrik, dan merawatnya dengan bijak dapat memperpanjang umur dan kinerja mobil. Pastikan untuk selalu memantau level baterai dan mengisi daya ketika diperlukan.

Hindari mengosongkan baterai hingga nol persen, karena siklus pengisian yang terlalu dalam dapat mempercepat degradasi baterai. Sebaliknya, usahakan untuk menjaga tingkat baterai antara 20 hingga 80 persen untuk memaksimalkan umur pakai baterai mobil listrik Anda.

2. Penggunaan Regeneratif dengan Cerdas

--

Salah satu fitur unik mobil listrik adalah sistem pengereman regeneratif yang dapat mengonversi energi kinetik saat pengereman menjadi energi listrik yang disimpan kembali dalam baterai.

Manfaatkan fitur ini dengan mengendarai mobil secara efisien, memanfaatkan pengereman regeneratif sebanyak mungkin. Hindari pengereman mendadak yang mengakibatkan pemakaian rem konvensional, dan biarkan sistem regeneratif bekerja untuk memaksimalkan efisiensi baterai.

3. Perawatan Rutin dan Pengisian yang Tepat Waktu

--

Perawatan rutin tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan umum mobil listrik. Pastikan untuk mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh produsen, termasuk pemeriksaan rutin sistem dan komponen kunci.

Selain itu, melakukan pengisian daya secara teratur dan di tempat yang tepat waktu akan menjaga kesehatan baterai dan memastikan mobil selalu siap untuk perjalanan. Gunakan stasiun pengisian resmi atau stasiun pengisian yang terpercaya untuk memastikan daya yang diterima sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Admin
Penulis