Kesehatan

7 Gejala Demam Berdarah yang Kerap Terabaikan karena Disalahartikan: Dikira Flu Doang!

fin.co.id - 03/03/2024, 11:31 WIB

Gejala Demam Berdarah yang Kerap Terabaikan, Image: Polina Tankilevitch / Pexels

FIN.CO.ID - Eh, guys, tau gak sih kalo demam berdarah atau DBDB masih jadi salah satu penyakit yang mengerikan di Indonesia? 

Nggak heran, soalnya nyamuk Aedes aegypti yang nyebarin virusnya suka banget berkeliaran di tempat-tempat lembab.

Nah, masalahnya, banyak orang yang kerap mengabaikan gejala awal demam berdarah. 

Kirain cuma flu biasa, eh tahunya udah parah dan harus dilariin ke rumah sakit.

Jika Terlambat ke Rumah Sakit

Efek terlambat ke rumah sakit jika kena demam berdarah bisa sangat berbahaya, bahkan berakibat fatal. 

Karenanya penting untuk mengenali gejala demam berdarah dengeu sedari awal. 

Berikut jika terlamat ke rumah sakit jika kena demam berdarah:

1. Penurunan Trombosit dan Risiko Pendarahan

Demam berdarah dapat menyebabkan trombosit turun drastis. 

Jika tidak segera diobati, risiko pendarahan internal dan eksternal meningkat, seperti mimisan, gusi berdarah, ruam bintik merah yang banyak, hingga pendarahan organ dalam.

2. Kebocoran Plasma Darah

Terlambat penanganan bisa menyebabkan kebocoran plasma darah dari pembuluh darah ke rongga tubuh, yang disebut Dengue Shock Syndrome (DSS). 

DSS ditandai dengan tekanan darah rendah, syok, dan kegagalan organ.

3. Dehidrasi

Demam tinggi dan muntah-muntah dapat menyebabkan dehidrasi. 

Makruf
Penulis
-->