Kesehatan

Kenali Penyakit Herpes, Mulai dari Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

fin.co.id - 28/02/2024, 02:01 WIB

FIN.CO.ID - Herpes adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum.

Ada dua jenis utama herpes: herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1) dan herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2).

HSV-1 biasanya menyebabkan herpes di mulut dan bibir, sementara HSV-2 biasanya menyebabkan herpes genital.

Namun, keduanya dapat menyebabkan herpes di area tubuh yang berbeda. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang herpes, termasuk penyebab, gejala, dan pengobatan:

BACA JUGA:

1. Penyebab Herpes

Herpes disebabkan oleh virus herpes simplex, yang dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan luka atau lecet yang terinfeksi. Virus ini juga dapat ditularkan melalui kontak oral-genital, oral-anal, atau genital-genital.

Virus herpes simplex dapat berada dalam tubuh selama bertahun-tahun tanpa menunjukkan gejala, tetapi dapat aktif dan menyebabkan gejala tertentu pada waktu tertentu.

2. Gejala Herpes

Gejala herpes dapat bervariasi tergantung pada jenis herpes dan area tubuh yang terkena. Gejala umum herpes meliputi lecet, nyeri atau gatal di area yang terinfeksi, pembengkakan kelenjar getah bening, demam, nyeri otot, dan malaise.

Gejala herpes genital meliputi lecet di area genital, nyeri saat buang air kecil, dan kelenjar getah bening yang membengkak.

3. Pengobatan Herpes

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan herpes sepenuhnya, tetapi ada obat yang dapat membantu mengurangi gejala dan frekuensi serangan.

Obat-obatan antiviral seperti asiklovir, valasiklovir, dan famciklovir dapat membantu mengurangi gejala dan durasi serangan. Obat-obatan ini umumnya diambil secara oral, tetapi dalam beberapa kasus, mereka dapat diaplikasikan topikal.

4. Pencegahan Herpes

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->