Kesehatan

7 Cara Atasi Kaki Kesemutan, Nomor 4 Hindari Pakaian Ketat

fin.co.id - 28/02/2024, 18:08 WIB

FIN.CO.ID - Kaki kesemutan adalah kondisi yang umum dan biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa sangat mengganggu. Ini terjadi ketika aliran darah ke kaki terganggu, sering kali karena tekanan pada saraf atau pembuluh darah.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki kesemutan:

BACA JUGA:

1. Bergerak

Bergerak dapat membantu memulihkan aliran darah dan mengurangi kesemutan. Berjalan kaki atau menggoyangkan kaki dapat membantu meredakan gejala.

2. Peregangan

Peregangan kaki dan otot sekitarnya dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf dan pembuluh darah. Cobalah peregangan sederhana seperti merenggangkan jari-jari kaki, atau menarik jari kaki ke arah tubuh Anda.

3. Ganti Posisi

Jika Anda duduk atau berdiri dalam waktu lama, coba ubah posisi tubuh Anda secara teratur. Ini dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf dan pembuluh darah di kaki.

4. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat membatasi aliran darah ke kaki dan menyebabkan kesemutan. Pilih pakaian yang longgar dan nyaman untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi.

5. Perhatikan Postur Tubuh

Posisi tubuh yang buruk dapat menyebabkan tekanan tambahan pada saraf dan pembuluh darah di kaki. Cobalah memperbaiki postur tubuh Anda ketika duduk atau berdiri untuk mengurangi kemungkinan kesemutan.

BACA JUGA:

6. Konsultasikan dengan Dokter

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->