Kesehatan

Manfaat di Balik Kelezatan Buah Alpukat: Kaya Akan Nutrisi

fin.co.id - 27/02/2024, 21:51 WIB

Manfaat di Balik Kelezatan Buah Alpukat: Kaya Akan Nutrisi

FIN.CO.ID - Alpukat, buah yang sering dijuluki sebagai "Superfood", telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Selain rasanya yang lezat, alpukat memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Mari kita jelajahi beberapa manfaat kesehatan utama dari buah alpukat. 

1. Kaya akan Nutrisi

Alpukat mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin K, E, C, dan B6, serta riboflavin, niacin, folat, dan pantotenat. Buah ini juga mengandung potassium yang tinggi, yang penting untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

BACA JUGA:

2. Mengandung Lemak Sehat

Meskipun alpukat mengandung lemak, sebagian besar lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh tunggal, yang diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (juga dikenal sebagai "kolesterol jahat") dan meningkatkan kolesterol HDL (dikenal sebagai "kolesterol baik").

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tingkat tinggi potassium dalam alpukat dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga mengandung antioksidan seperti beta-sitosterol, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan sel.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan membantu mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Mengandung Serat

Alpukat mengandung serat yang tinggi, yang penting untuk pencernaan yang sehat dan menjaga berat badan yang sehat.

6. Menyediakan Nutrisi Selama Kehamilan

Alpukat kaya akan asam folat, yang sangat penting untuk pertumbuhan janin yang sehat selama kehamilan.

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->